Ini Dia 10 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Guru Peserta UKG

Ini Dia 10 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Guru Peserta UKG

Perlu diketahui bahwa poin penting bagi peserta UKG sangat penting untuk guru yang ingin meningkatkan kompetensinya. UKG adalah program yang dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kompetensi tanah air. Adanya UKG bertujuan untuk menyuruh guru belajar kembali melalui pelatihan dan pendidikan baik tatap muka ataupun online untuk meningkatkan kualifikasinya. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, nilai standar minimum untuk UKG mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 2015, standar nilai minumum UKG untuk guru hanyalah 55 poin. Tapi pada tahun 2016 meningkat menjadi 65 poin yang artinya mengalami peningkatan sebanyak 110 poin.

Hingga saat ini, program UKG atau guru pembelajar baru memiliki peserta sebanyak kurang lebih 1200 orang. Dari jumlah tersebut, terdiri guru yang mendapatkan nilai UKG atau Ujian Kompetensi Guru di atas 80, dosen, Widyaiswara dari LPMP dan juga  PPPTK. Mereka yang terpilih tersebut, nantinya akan ditunjuk sebagai instruktur untuk rekan guru lain yang ada di seluruh Indonesia. Pada dasarnya, program guru pembelajar ini menggunakan 3 metode sederhana yakni online penuh atau Full Daring, Tatap Muka Guru Pembelajar, dan Blended antara tatap muka dengan via online. Sebelum mengikuti Ujian Kompetensi Guru tersebut, ada baiknya jika rekan guru mengetahui 10 poin penting bagi peserta UKG. Apalagi seperti yang diketahui, pelaksanaan UKG ini akan dilakukan setiap tahunnya. Dimana standar nilai kelulusan UKG juga akan terus bertambah dengan target maksimal 8.0 untuk tahun 2019. Adanya tes UKG juga akan dijadikan sebagai acuan pemerintah untuk pemerataan guru tanah air. Tak hanya itu, tes UKG ini juga akan dijadikan sebagai syarat acuan untuk pencairan dan penentuan tunjangan guru.

Berdasarkan informasi dari GP atau Grup Guru Pembelajar via aplikasi pengirim pesan, ada 10 poin penting bagi peserta UKG yang perlu dipahami secara seksama. Hal ini benar-benar harus diperhatikan, khususnya untuk rekan guru yang memang ingin meningkatkan kompetensinya. Berikut ini adalah 10 poin penting terkait dengan informasi program pelaksanaan UKG dan program GP tahun 2016.

  1. Program Guru Pembelajar tahun 20116 sudah diadakan pengurangan jumlah peserta. Hal ini sudah didasarkan atas arahan langsung dari Menkeu saat ini Sri Mulyani. Menkeu juga mengungkapkan bahwa adanya pemangkasan jumlah peserta ini dilakukan karena minimnya anggaran.
  2. Adanya pengurangan jumlah peserta Guru Pembelajar ini jelas saja mengakibatkan tidak semua rekan guru bisa mengikuti kegiatan pelaksanaan program Guru Pembelajar di tahun 2016.  Setidaknya, ada kurang lebih 25 persen jumlah peserta dari yang seharusnya.
  3. Rekan guru yang berencana untuk mengikuti program GP, bisa masuk pada akun GPO yang dimiliki masing-masing. Pada halaman tersebut, Anda bisa melihat secara langsung undangan untuk mengikuti diklat. Jika Anda menerima undangan ini, maka artinya Anda sudah terdaftar sebagai peserta GP dan bisa langsung menghubungi dinas Pendidikan Daerah masing-masing.
  4. Cara untuk mendaftar setelah mendapatkan surat undangan adalah menekan tombol "terima undangan". Lalu, pilih menu cetak undangan. Undangan yang di print tersebut akan disampaikan pada Dinas Pendidikan agar peserta GP mendapatkan surat tugas atau ijin selama pembelajaran.
  5. Pada dasarnya, hal-hal yang akan dipelajari oleh para rekan guru baik dari Kombinasi maupun tatap muka ada dua modul kelompok kompetensi atau KK, meskipun akan ada nilai guru yang dibawah standar lebih dari dua.
  6. Untuk rekan guru yang diundang dan telah terdaftar sebagai peserta GP tapi tidak mengikutinya kegiatan akan mendapatkan konsekuensi. Sanksi yang akan diberikan adalah guru tersebut harus mengikuti pelatihan kompetensi guru sejenis menggunakan biaya sendiri.
  7. Poin penting bagi peserta UKG yang ke tujuh adalah Tes akhir kegiatan GO adalah UKG. Sehingga bisa disimpulkan bahwa peserta UKG adalah rekan guru yang sudah mengikuti GP.
  8. Hal yang akan diujikan dalam kegiatan UKG merupakan KK atau modul yang dipelajari selama program GP. Hanya ada dua modul dan di dalam setiap modul terdiri dari 30 soal.
  9. Rekan guru yang telah mengikuti program GP dan lulus akan memperoleh sertifikat.
  10. Sementara rekan guru yang tahun ini belum mendapatkan undangan akan mengikuti program UKG dan GP di tahun depan.

Berikut tadi merupakan 10 poin penting bagi peserta UKG yang perlu rekan guru ketahui. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda terkait UKG dan GP.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia 10 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Guru Peserta UKG"

Post a Comment