Panduan Verval PP PDSP Terbaru

Panduan Verval PP PDSP Terbaru

Standard Pelayanan Minimal serta Standard Nasional Pendidikan merupakan dua acuan penting yang digunakan untuk memastikan bahwa proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan semestinya. Seorang guru perlu melakukan proses verifikasi dan validasi dari proses pembelajaran yang dilakukannya. Untuk memfasilitasi hal ini, pemerintah telah memberikan sarana yang dapat dioperasikan oleh penggunanya dengan mudah. Berikut ini adalah panduan Verval PP PDSP untuk para guru yang terbaru.

Sarana yang telah disediakan oleh pemerintah tersebut dapat diakses melalui laman internet Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tampilan tersebut terdapat bagian judul yang menyantumkan tentang Proses Validasi dan Verifikasi Proses Pembelajaran. Langkah selanjutnya dalam panduan Verval PP PDSP ini adalah dengan melakukan login terlebih dahulu. Proses ini memerlukan nama pengguna beserta dengan kata sandi. Keduanya dapat dimiliki setelah proses registrasi anggota. Proses ini dilakukan oleh jaringan pengelola data pendidikan. Akses menuju laman ini memiliki tampilan berupa proses bar, formula atau parameter pada sistem, serta login pengelola.

Seperti yang telah dijelaskan pada panduan Verval PP PDSP sebelumnya, daftar formula atau parameter merupakan bagian dari tampilan laman. Tampilan ini dapat dilihat dari kotak dialog yang muncul ketika nama pada formula atau parameter tertentu diklik. Formula atau parameter yang disediakan cukup banyak. Pengguna dapat memanfaatkan fitur gulir yang disediakan untuk membaca keseluruhan nama yang muncul.

Dalam panduan Verval PP PDSP kali ini, kita juga akan membahas tentang proses login serta verifikasi dan validasi yang diperlukan. Pada tahap ini, pengguna seharusnya sudah memiliki nama pengguna beserta kata sandinya. Pengguna hanya perlu mengisi nama pengguna dan kata sandi sesuai dengan isian yang disediakan. Setelah keduanya terisi dengan benar, pengguna dapat melakukan login dengan klik tombol login yang terletak di bawah kedua isian tersebut. Setelah melakukan hal tersebut, pengguna akan diarahkan menuju bagian utama pada laman verifikasi dan validasi proses pembelajaran.

Untuk melanjutkan proses verifikasi dan validasi ini, pengguna harus mengisi terlebih dahulu kolom isian yang tersedia pada laman utama tersebut. Pada kolom isian pertama, terdapat tombol pilihan yang berisi pilihan bentuk pendidikan yang diampu oleh pengguna. Pengguna perlu memilih bentuk pendidikan yang sesuai. Di bawahnya terdapat kolom isian untuk lokasi sarana pendidikan tempat pengguna mengajar. Kolom isian ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu untuk provinsi serta kota atau kabupaten. Pengguna hanya perlu memilih dengan mengeklik pada tombol pilihan yang ada. Selanjutnya adalah kolom isian tahun data. Tentunya ini juga perlu disesuaikan dengan tahun proses belajar mengajar yang hendak diverifikasi dan divalidasikan. Akhiri proses ini dengan mengeklik pada tombol eksekusi formula di bagian bawah. Tunggu sejenak hingga proses komputasi selesai. Biasanya hal ini akan ditandai dengan munculnya dialog konfirmasi pengisian.

Setelah menyelesaikan keseluruhan proses pada panduan Verval PP PDSP di atas, pengguna akan diarahkan dalam tampilan hasil dari formula atau parameter yang telah diisikan sebelumnya. Tampilan ini berupa grafik dan tabel. Untuk melihat lebih lanjut mengenai detail dari formula atau parameter tersebut, pengguna dapat mengeklik pada namanya. Pada grafik tersebut, akan muncul detail mengenai proporsi dalam bentuk diagram. Sedangkan pada tampilan tabel akan muncul perincian dari keterangan tabel tersebut. Baik grafik maupun tabel yang muncul berisikan informasi terkait dengan formula atau parameter pilihan pengguna.

Grafik dan tabel yang muncul pada tampilan tersebut dapat diunduh dalam bentuk berkas Ms. Excel. Penguna cukup mengeklik pada icon yang bertuliskan petunjuk penyimpanan. Jendela perintah pengunduhan akan muncul setelah icon tersebut diklik. Tunggu sejenak sampai proses pengunduhan ini selesai. Hasil unduhan dapat ditemukan di folder penyimpanan berkas unduhan pada komputer.

Apabila berkas tersebut dibuka, maka akan muncul tampilan berdasarkan formula atau parameter yang diisikan sebelumnya. Tentunya formula atau parameter tersebut dikategorikan berdasarkan bentuk pendidikan dan acuan yang dipilih. Dengan demikian, pengguna dapat mengelola hasil verifikasi dan validasi tersebut dengan lebih mudah. Demikianlah tadi panduan Verval PP PDSP yang dapat digunakan untuk membantu proses verifikasi dan validasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Verval PP PDSP Terbaru"

Post a Comment