Cara Log In dan Mengisi Data Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP

Cara Log In dan Mengisi Data Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP

Sispena merupakan sebuah aplikasi akreditasi sekolah melalui website. Aplikasi ini merupakan produk dari BANSM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah) untuk memudahkan proses akreditasi setiap sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Sebagai sistem berbasis website, pengguna dapat log in ke aplikasi sispena ban sm dan bap di mana saja asalkan terdapat koneksi internet stabil. Selain dapat dijalankan di PC/komputer dan laptop, pengguna juga dapat log in melalui smartphone. Lantas bagaimana cara masuk ke aplikasi Sispena BANSM? Berikut ulasannya.

Langkah Log In Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP

Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk log in ke aplikasi sispena ban sm dan bap adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke Situs Sispena
Langkah pertama adalah masuk ke website resmi Sispena. Pada langkah ini, sebaiknya dilakukan dengan PC atau komputer. Mengapa? Karena banyak data yang harus dimasukkan sehingga akan kurang efektif apabila log in menggunakan smartphone. Namun apabila semua data sudah lengkap, maka Anda boleh menggunakan smartphone hanya sekedar untuk mengecek data.

2. Registrasi Sekolah
Pada halaman log in aplikasi sispena ban sm dan bap, akan muncul tampilan username dan password. Saat pertama kali log in, maka username serta password menggunakan data standar berupa NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Nantinya password dapat diubah setelah berhasil log in. Untuk kolom ‘Pengguna’, pilihlah ‘Sekolah’. Selanjutnya akan muncul kolom verifikasi yang harus diisi. Setelah selesai, maka klik tombol ‘Masuk’.

3. Isi Identitas Sekolah
Saat pertama kali masuk ke website Sispena, maka akan secara otomatis muncul form tentang identitas sekolah. Isilah form tersebut dengan data sekolah yang valid hingga selesai. Sebagai informasi, gunakan email khusus atau email sekolahan sebagai email recovery apabila nantinya data tak dapat dibuka atau lupa password.

4. Beranda Sispena
Setelah semua identitas sekolah terisi, maka masuklah pada beranda aplikasi sispena ban sm dan bap. Di sana akan muncul informasi mengenai sasaran akreditasi di tahun berjalan. Namun apabila belum ada data yang muncul, maka berarti sekolah belum menjadi target mapping terkait akreditasi. Pihak yang akan melakukan mapping akreditasi adalah BAP (Badan Akreditasi Provinsi).

Bagi sekolah yang masih belum menjadi sasaran akreditasi BAP, tak perlu khawatir karena ada langkah lain yang dapat ditempuh. Cobalah instrumen baru akreditasi dengan menggunakan fitur ‘Simulasi Sispena’ yang terdapat pada bagian kiri website.

5. Melengkapi Instrumen Akreditasi Sekolah
Langkah terakhir agar sekolah menjadi sasaran mapping BAP adalah menggunakan fitur ‘Simulasi Sispena’. Pada fitur ini, terdapat beberapa tabel yang harus dilengkapi dengan data lengkap dan valid dari sekolah. Setidaknya ada 6 menu yang harus diisi, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Pernyataan Kepsek
  • Data yang dibutuhkan pada menu ini adalah surat pernyataan resmi dari Kepala Sekolah. Namun apabila sekolah masih belum memiliki surat pernyataan tersebut, silahkan unduh file pada website aplikasi sispena ban sm dan bap. Isilah dan kemudian unggah.
  • Prasyarat Akreditasi
  • Pada bagian ini, terdapat enam kolom untuk upload dokumen berformat .doc atau .pdf. Adapun dokumen yang perlu diupload adalah SOP (Surat Ijin Operasional), Data PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Daftar Siswa di Setiap Kelas, PPK (Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum), Data Lengkap Sarana dan Prasarana Sekolah, dan Daftar Lulusan dalam 1 Tahun Terakhir. Adapun ukuran maksimal dokumen yang diunggah adalah 1 MB. Untuk memudahkan pihak sekolah, website Sispena juga menyediakan contoh file dari data-data di atas yang dapat diunduh.
  • Foto Sekolah
  • Selanjutnya unggahlah foto sekolah dengan format JPG. Ada beberapa foto yang dibutuhkan seperti foto sarana dan prasarana, plang sekolah, kegiatan sekolah, dan foto pendukung lain.
  • Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
  • Ini adalah bagian terpenting dari aplikasi sispena ban sm dan bap yang harus benar-benar diperhatikan. Untuk mengisi EDS, ada cara atau petunjuk yang perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian data. Semua petunjuk dapat dilihat di website Sispena.
  • Kartu Kendali
  • Langkah terakhir adalah sekolah harus melakukan input kartu kendali. Sebagai informasi, sekali kartu ini diunggah ke website Sispena, maka tak akan dapat diubah. Untuk itu, perhatikan baik-baik apakah Kartu Kendali sesuai dengan apa yang diperlukan untuk akreditasi BAP.
Demikian langkah untuk log in dan menginput data di aplikasi sispena ban sm dan bap. Apabila masih kesulitan, Anda dapat bertanya langsung ke admin website atau sekolah lain yang telah mengisi semua form dengan benar. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Log In dan Mengisi Data Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP"

Post a Comment