Cara Login Situs GPO dan Fitur yang Disediakan

Cara Login Situs GPO dan Fitur yang Disediakan

Program Guru Pembelajar Online atau yang dikenal dengan GPO merupakan salah satu layanan pembelajaran untuk GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) di wilayah Indonesia. Meskipun program ini sempat terhenti karena kurangnya sosialisasi, namun Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) Dirjen GTK memastikan program serta layanan ini berlanjut. Hal ini dibuktikan dengan munculnya surat edaran nomor 07545/B/PR/2017 pada tanggal 6 Maret 2017 lalu. Dengan adanya program Guru Pembelajar Online, maka banyak manfaat yang didapatkan oleh para pengajar. Namun satu hal yang masih belum dipahami oleh guru, yakni bagaimana cara untuk log in ke situs GPO? Berikut ulasannya.

Langkah Log In Situs GPO

Sebelum mengulas tentang cara log in ke situs Guru Pembelajar Online, guru harus mengetahui manfaat yang ditawarkan dari program ini. Pertama, guru mendapatkan data valid terkait sistem pendidikan dan pengajaran di sekolahnya. Sistem yang terdapat di situs GPO adalah sistem terupdate. Tak hanya itu, guru juga dapat melihat modul apa saja yang harus diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kedua, situs Guru Pembelajar Online menyediakan riwayat pelatihan guru. Data yang disajikan pada situs ini adalah data yang telah direkam oleh dinas terkait mengenai riwayat pelatihan yang pernah diikuti oleh guru. Ketiga, guru juga dapat melihat penilaian Uji Kompetensi Dasar yang didasarkan pada KK (Kelompok Kompetensi). Apabila status menunjukkan warna merah, maka berarti guru belum memenuhi standar persyaratan. Sebaliknya guru memenuhi syarat jika warna yang muncul adalah hitam. Keempat, terdapat fasilitas yang dapat dilihat dan diunduh dari Dirjen GTK. Data inilah yang terkadang sulit didapatkan. Dengan demikian, maka guru dapat lebih menguasai tentang kegiatan belajar mengajar di kelas.

Setelah mengetahui tentang keuntungan dari situs GPO, maka kini saatnya mengetahui tentang cara masuk ke situs tersebut. Sebenarnya untuk log in ke situs Guru Pembelajar Online terbilang sangat mudah. Daripada penasaran, ikuti langkah berikut.

1. Pergi Ke Situs Guru Pembelajar Online
Langkah pertama tentu saja pergi ke situs Guru Pembelajar Online, yakni gurupembelajar(dot)id

2. Isi Username dan Password
Untuk pengguna baru Guru Pembelajar Online, username dan password dapat diperoleh dari Ketua Gugus. Data tersebut biasanya berbentuk print out pada kertas yang di dalamnya terdapat nama-nama guru serta data untuk log in. Bagi Ketua Gugus yang belum menerima data tersebut, silahkan menghubungi Dinas Pendidikan setempat agar segera dibuatkan modul serta username dan password untuk Guru Pembelajar Online. Setelah itu, klik tombol log in.

3. Fitur Layanan Guru Pembelajar Online
Saat berhasil log in GPO, maka akan muncul menu utama yang berisi berupa Beranda, Anggota Komunitasku, Profilku, dan Riwayat Pelatihanku. Pada menu-menu tersebutlah guru dapat melihat semua data yang terekam oleh Dinas Pendidikan mengenai profil hingga riwayat kepelatihan.

Menu Profilku digunakan untuk melihat data dari guru. Selain itu, guru juga dapat mengubah username dan password pada menu tersebut. Hal ini karena biasanya username dan password default dari Dinas Pendidikan tidak mudah untuk dihafalkan. Oleh karena itu, ubah data tersebut agar proses log in menjadi mudah.

Menu Anggota Komunitasku merupakan daftar nama dari komunitas kelompok kerja di mana guru mengajar. Sedangkan menu Riwayat Pelatihanku berisi tentang hasil penilaian dari pelatihan yang pernah diikuti oleh guru. Penilaian tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan.

4. Log Out
Setelah menjelajahi data di aplikasi GPO, kini saatnya log out. Untuk log out, silahkan klik nama Anda yang ada pada bagian kiri atas aplikasi. Di situ akan muncul data berupa Gugus serta instansi di mana Anda mengajar serta tulisan log out. Silahkan klik log out untuk keluar dari aplikasi.

Itulah beberapa langkah untuk log in dan melihat data pada layanan Guru Pembelajar Online. Sebagai informasi, saat ini aplikasi Guru Pembelajar Online sudah dapat diinstal pada smartphone berbasis android untuk memudahkan pengajar dalam melihat data KBM. Adapun aplikasi android Guru Pembelajar Online dapat diunduh pada situs resmi GPO.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Login Situs GPO dan Fitur yang Disediakan"

Post a Comment