Fasilitas untuk Guru Honorer Sama dengan Guru PNS?

Fasilitas untuk Guru Honorer Sama dengan Guru PNS?

Seperti yang diketahui, rekan guru honorer di Indonesia selama ini memang belum mendapatkan haknya sebagai tenaga pendidik yang layak. Pasalnya banyak tenaga honorer yang mengaku hanya mendapatkan gaji minim per bulannya. Tapi di tahun 2017 ini pemerintah sepertinya tengah memberikan perhatian banyak terkait dengan fasilitas untuk guru honorer. Guru PNS terutama yang sudah bersertifikasi sudah dipastikan mendapatkan gaji yang layak dengan fasilitas yang lengkap seperti tunjangan kesehatan, tunjangan hari tua, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana dengan nasib para guru honorer? Akankah mereka tidak mendapatkan haknya seperti tahun-tahun sebelumnya?

Kabar gembira datang dari Gorontalo, dimana pemerintahnya diketahui akan melindungi guru honorer sebaik mungkin demi meningkatkan kualitas kerjanya. Pemprov atau Pemerintah Provinsi Gorontalo, mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya untuk memberikan hak yang sama seperti guru PNS kepada guru honorer yang ada di wilayahnya. Pihak Pemprov mengklaim bahwa mereka ingin melindungi para guru honorer yang mengajar di wilayah Gorontalo. Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan para guru honorer polis kesehatan dan polis asuransi jiwa. Berdasarkan data yang ada saat ini, setidaknya ada 1.957 orang guru honorer yang rencananya akan mendapatkan polis asuransi demi menunjang kehidupan mereka sebagai seorang tenaga pendidik. Tak hanya tunjangan untuk kesehatan dan jiwa, Pemprov Gorontalo juga akan memberikan tunjangan untuk hari tua kepada para guru honorer. Benarkah hal tersebut?

Rusli Habibie selaku Gubernur Gorontalo menjelaskan bahwa pada dasarnya, rencana pemberian tunjangan atau asuransi tersebut memang sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 2015. Untuk saat ini guru yang sudah mendapatkan perlindungan berupa polis asuransi ada 1.957 orang. Rusli mengemukakan bahwa alasan pihak pemprov memberikan tunjangan kepada guru honorer semata-mata ingin memberikan perlindungan kepada guru honorer dengan upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di wilayah Provinsi Gorontalo. Hal ini juga menjadi wujud pemberian apresiasi dan penghargaan kepada para guru honorer yang sudah bertugas dengan baik mendidik pada siswa di Gorontalo, dimana mereka diberi penghargaan melalui berbagai fasilitas atau tunjangan. Fasilitas untuk guru honorer diketahui memang sama seperti rekan guru Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

Rusli yang ditemui media di Jakarta Selasa (13/9) mengatakan bahwa pihaknya memang memberlakukan rekan guru honorer sama halnya dengan guru PNS, karena sebenarnya tugas semua guru adalah sama yakni memberikan pendidikan yang layak kepada para generasi penerus bangsa. Rusli menambahkan bahwa pihaknya tengah bekerja keras dalam meningkatkan kesejahteraan rekan guru honorer. Hal ini dilakukan supaya mereka bisa terus fokus untuk meningkatkan kualitas mengajar dan mendidik para siswa.

Adanya berita mengenai fasilitas untuk guru honorer tentu menjadi kabar yang sangat membahagiakan bagi para guru honorer. Pasalnya selama ini mereka memang tidak mendapatkan jaminan apapun. Padahal pada dasarnya tugas mereka sama dengan guru PNS yaitu memberikan pendidikan kepada para siswa. Setidaknya, dengan pemberian fasilitas ini rekan guru honorer bisa mengajar dengan lebih baik lagi.

Apa saja fasilitas untuk guru honorer juga dijelaskan oleh Rusli. Ia juga menjelaskan bahwa fasilitas yang diberikan adalah asuransi kesehatan dan jiwa. Asuransi tersebut termasuk tunjangan kematian, tunjangan kecelakaan dan juga tunjangan hari tua. Dengan begitu, rekan guru honorer bisa bernafas lega karena mereka mendapatkan haknya sebagai tenaga pendidik generasi bangsa.

Weni Liputo selaku Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga wilayah Provinsi Gorontalo juga mengatakan bahwa adanya pemberian tunjangan tersebut diharapkan menjadi jaminan untuk para rekan guru honorer di sepanjang usia, bukan hanya saat mereka melaksanakan tugas. Ia berpendapat bahwa pemberian asuransi ini merupakan bentuk perhatian yang diberikan pemerintah Provinsi untuk memberi jaminan kepada tenaga pengajar dengan tujuan dan harapan kualitas mutu pendidikan akan semakin baik.

Tak hanya memberikan tunjangan berupa asuransi, Pemerintah Provinsi Gorontalo diketahui juga akan menaikkan honor untuk rekan guru honorer setiap tahunya. Seperti yang diketahui, tahun 2016 lalu gaji yang diterima oleh guru honorer adalah 1 juta. Di tahun 2017 ini, Pemprov Gorontalo mengklaim bahwa pihaknya akan menyamaratakan honor untuk guru honorer dengan jumlah minimum sesuai dengan ketentuan UMP atau Upah Minimum Provinsi dengan besaran kurang lebih sekitar Rp 1,8 Juta. Bagaimana pendapat Anda tentang fasilitas untuk guru honorer dan kenaikan gaji ini?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fasilitas untuk Guru Honorer Sama dengan Guru PNS?"

Post a Comment