Pendaftaran Online STTD 2017/2018

Pendaftaran Online STTD 2017/2018

STTD atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat merupakan salah satu sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh Kementrian Perhubungan. Tahun ini, sekolah yang mencetak generasi ahli di bidang transportasi tersebut kembali membuka kesempatan bagi para putra/putri bangsa agar dapat menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Hal tersebut disampaikan melalui pengumuman bernomor SM. 111/348/II/STTD.2017 dari Kementrian Perhubungan. Untuk mengetahui kapan penyelenggaraannya berikut dengan syarat dan ketentuan pendaftarannya, Anda bisa menyimak informasi selengkapnya berikut ini.

Program Studi yang Ada di STTD

Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh Kemenhub, kesempatan mengikuti seleksi sebagai calon taruna di Sekolah Tinggi Transportasi Darat tersebut diselenggarakan melalui pola pembibitan. Para putra/putri terbaik yang berminat untuk mengikuti seleksi dapat memilih salah satu program studi yang ada di STTD. Lima program studi yang ada tersedia dalam jenjang D-II, D-III, dan D-IV. Untuk D-II, ada 1 pilihan prodi yaitu DII Pengujian Kendaraan Bermotor. Sementara itu, untuk jenjang D-III ada 3 pilihan prodi (program studi), yaitu DIII Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; DII Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan; dan DIII Perkeretaapian. Terakhir, peminat jenjang D-IV bisa memilih prodi Transportasi Darat.

Masing-masing Jenjang dan Prodi yang ada di STTD juga memiliki lokasi penyelenggaraan pendidikan dan ketentuan pendidikan pelamar. Untuk D-IV misalnya, pelamar harus merupakan lulusan dari SMA/MA konsentrasi IPA atau SMK jurusan tertentu seperti teknik mesin, teknik elektronika, teknik bangunan, teknik otomotif, teknik komputer dan informatika, teknik industri, atau teknik survey dan pemetaan dan telekomunikasi. Prodi lain juga memiliki syarat asal pendidikan yang hampir sama. Hanya saja, untuk D-III Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan juga mengikutsertakan lulusan dari Teknik Perkapalan dan Teknik Pelayaran.

Terkait kampus tempat pembelajaran taruna berlangsung, ada 3 lokasi kampus yang digunakan. Kampus yang pertama adalah kampus Bekasi. Kampus Bekasi tersebut digunakan untuk pembelajaran bagi Taruna jenjang D-IV, D-III Perkeretaapian, D-III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan D-II Pengujian Kendaraan Bermotor. Kampus yang kedua adalah Kampus Bali. Kampus ini digunakan untuk pembelajaran taruna program D-II Pengujian Kendaraan Bermotor. Jadi, untuk prodi D-II, ada dua lokasi penyelenggaraan pendidikan, yaitu di kampus Bekasi dan Bali. Terakhir, taruna D-III Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan akan menempuh pendidikan di kampus BPPTD Palembang.

Syarat Pendaftaran Taruna STTD

Bagi mereka yang berminat untuk mendaftarkan diri Sekolah Tinggi Transportasi Darat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut berkaitan dengan syarat fisik, nilai, kesanggupan, dan sebagainya. Baik pria maupun wanita yang mendaftarkan diri harus memenuhi persyaratan fisik seperti tidak buta warna, tidak berkacamata atau lensa kontak, sehat jasmani rohani, serta memiliki tinggi badan minimal 165 untuk pria dan 160 untuk wanita. Selain itu, peserta juga harus berusia maksimum 23 tahun pada September 2017. Pendaftar juga harus berasal dari daerah yang menjalin kerjasama pembibitan dengan STTD dan memiliki nilai Matematika dan Fisika pada rapor dengan rata-rata minimal 7.

Ketika mendaftarkan diri, peserta juga harus memiliki kesanggupan untuk tidak menikah selama menempuh pendidikan. Selebihnya, peserta harus menyertakan beberapa berkas penunjang seperti pas foto berwarna 4x6, akta lahir, surat keterangan belum menikah, ijazah, STTB, dan sebagainya. Apabila pendaftar masih duduk di kelas XII SMA, ia harus menyertakan surat yang menyatakan sebagai peserta UN dari Kepsek.

Prosedur Pendaftaran Taruna STTD

Selain persyaratannya, para pendaftar taruna STTD juga harus mengikuti prosedur pendaftaran sebagaimana yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara yang dibentuk oleh Kemenpan RB. Pertama, para peserta harus melakukan pendaftaran pada portal nasional penerimaan siswa/taruna pada sekolah ikatan dinas. Pendaftaran ini sendiri dijadwalkan berlangsung pada 9-31 Maret. Khusus untuk pola pembibitan, ada dua dua poin penting yang harus diperhatikan. Pertama, program studi yang ada di BPPTD Palembang dan Bali menyediakan dua jalur penerimaan yaitu reguler dan pembibitan. Kedua, peserta jalur pembibitan diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kemenpan RB terlebih dahulu. Setelah mendapatkan username, password, dan konfirmasi, peserta bisa melakukan pendaftaran di portal BPSDMP. Log in ke portal ini dapat dilakukan dengan menggunakan data yang diperoleh pada portal panselnas Kemenpan RB.

Siswa yang telah melakukan pendaftaran dan dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi bisa melakukan proses selanjutnya, yaitu meminta surat rekomendasi keikutsertaan dalam seleksi Calon Taruna jalur Pembibitan di Badan Kepegawaian Daerah. Apabila ingin mendapatkan info lebih rinci mengenai tata cara pendaftaran atau lainnya, Anda bisa membuka portal http://sttd.ac.id atau http://bpsdm.dephub.go.id. Terkait info pendaftaran di portal panselnas, Anda bisa mengakses http://www.panselnas.id.

Tahapan Seleksi Taruna STTD

STTD menetapkan beberapa tahapan seleksi untuk para pendaftarnya. Tahapan yang pertama adalah seleksi administrasi atau seleksi kelengkapan berkas persyaratan. Peserta yang lolos dalam seleksi ini kemudian bisa mengikuti tes Kemampuan Dasar (TKD). Berikutnya ada 4 jenis tahapan tes atau ujian yang mengikuti, yaitu tes potensi akademik, psikotest, tes kesehatan, dan tes kesamaptaan dan wawancara.

Lokasi Lapor Diri Peserta Jalur Pembibitan STTD

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, peserta yang dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi nantinya diwajibkan untuk memintakan surat rekomendasi yang isinya dapat mengikuti seleksi lanjutan yang diadakan BKD. Peserta Tes Kemampuan Dasar (TKD) atau seleksi lanjutan yang dimaksud dapat mengantongi prasyarat keikutsertaan dengan menghubungi BKD yang menjalin kerjasama jalur Pembibitan dengan STTD. Terkait lokasinya, Anda bisa menghubungi satu dari 71 lokasi BKD yang tersebar di kota dan kabupaten. Lalu, mana saja ke-71 lokasi tersebut? Anda bisa mendapatkan informasinya melalui daftar lokasi BKD yang dibagikan.

Lokasi Seleksi Taruna STTD Jalur Pembibitan

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilakui oleh pendaftaran taruna STTD. Kini, apa yang akan disampaikan adalah dimana proses seleksi tersebut akan diadakan. Seleksi untuk para peserta akan diselenggarakan di sekitar 30 titik lokasi yang merupakan SATKER/UPTBPSDMP dan Dinas Perhubungan Provinsi. Dari 30 lokasi yang ada, peserta bisa memilih lokasi yang paling dekat dengan tempat ia berdomisili. Perlu diingat pula bahwa pemilihan lokasi untuk mengikuti seleksi hanya bisa dilakukan 1 kali saja. Apabila ingin mengetahui daftar lokasi berlangsungnya seleksi SIPENCATAR berikut dengan alamatnya, Anda bisa mendapatkan informasinya dengan melihat daftar lokasi seleksi SIPENCATAR yang disediakan.

Info Lain-Lain

Ada beberapa poin penting yang juga harus diperhatikan oleh para pendaftar Taruna di STTD. Pertama, mereka yang berminat untuk mendaftar disarankan untuk memperhatikan setiap detail terkait pengumuman jadwal penyelenggaraan seleksi di situs http://sipencatar.dephub.go.id. Selain itu, peserta seleksi juga tidak diperbolehkan melakukan surat menyurat dalam bentuk apapun dengan panitia Seleksi Penerimaan Taruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan.

Selain kedua hal di atas, ada beberapa hal penting terkait biaya yang juga harus diketahui oleh para peserta pendaftaran taruna STTD. Untuk mendaftar, masing-masing peserta harus membayar formulir pendaftaran seharga Rp 150.000. Perlu diingat pula bahwa uang yang telah disetorkan tidak dapat ditarik/diminta kembali. Biaya yang disebutkan juga sudah termasuk biaya seleksi pada seluruh tahapan.

Terkait tahapannya, sistem yang diterapkan dalam setiap tahapan seleksi adalah sistem gugur dimana peserta yang tidak lolos pada satu tahapan seleksi tidak dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Nantinya, hasil seleksi dari setiap tahapan tes pendaftar STTD akan disampaikan melalui pengumuman yang diposting melalui situs resmi Kementrian Perhubungan, SIPENCATAR KEMENHUB, dan BPSDMP. Situs resmi Kemenhub sendiri ada di www.dephub.go.id sedangkan BPSDMP beralamatkan di bpsdm.dephub.go.id. Sementara itu, website SIPENCATAR KEMENHUB bisa diakses dengan mengetikkan http://sipencatar.dephub.go.id pada address bar di mesin pencarian.

Demikian beberapa informasi mengenai Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan penyelenggaraan penerimaan taruna baru di sekolah ikatan dinas tersebut yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan referensi. Apabila memiliki pertanyaan atau lainnya terkait STTD maupun pendaftaran taruna baru di kampus ini, Anda bisa membuka website resminya atau menghubungi langsung sekolah tersebut melalui kontak yang ada. Jadi, agar tidak terkena tindak penipuan, tetap pastikan bahwa Anda mendapatkan informasi dengan sejelas-jelasnya dari pihak penyelenggara resmi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Online STTD 2017/2018"

Post a Comment