Cara Mendaftar dan Alur Seleksi Pendamping Profesional Desa Tahun 2017

Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa Tahun 2017

Pihak pemerintah melalui kementrian yang ditunjuk, membuka kembali rekrutmen tenaga pendamping profesional desa pada tahun 2017. Proses rekrutmen bertujuan untuk mengisi adanya kekosongan yang terjadi sebagai pelaksanaan dari Undang-Undang Desa nomor 6 th. 2014. Sedangkan petunjuk teknis tentang proses tersebut berdasar pada peraturan dari kementrian yang bertanggung jawab mengenai pendampingan desa yang terdapat di dalam Bab III, terletak di Pasal 23 dengan ayat satu (1).

Adapun tujuan dari adanya pengadaan yang dilakukan guna mempekerjakan dan mencari tenaga sesuai kualifikasi serta supaya mendorong sebuah persaingan sehat. Sehingga, proses tersebut dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip efisien, akuntabel, transparansi serta memberikan peluang sama bagi semua calon pelamar. Dengan memandang pentingnya proses tersebut, maka pihak kementrian perlu agar melakukan pengelolaan, pengendalian, dan pembinaan untuk tenaga pendamping yang profesional. Untuk kepentingan proses seleksi yang dilakukan, maka berikut disajikan tata cara dalam proses pendaftaran.

Tata Cara untuk Mendaftar

Langkah pertama yang wajib dilakukan oleh pelamar adalah dengan melakukan registrasi. Proses registrasi dilakukan melalui website resmi yaitu http://pendamping2017.kemendesa.go.id. Pelamar dipersilakan untuk membaca informasi pada halaman tersebut tentang tata cara untuk mendaftar serta alur dari seleksi TPP di tahun 2017. Sedangkan kuota rekrutmen tenaga pendamping profesional desa bisa dilihat pada menu Reg. Online dengan sub menu “Kuote Rekrutmen TPP”. Selanjutnya, klik pada menu “Registrasi Online” dengan sub menu yaitu Registrasi Tahap 1. Perhatikan dengan membaca informasi pada persiapan registrasi serta kualifikasi untuk tenaga pendamping yang profesional. Bila telah memenuhi kualifikasi, maka beri centang pada kotak persetujuan, kemudian klik setuju.

Tahap selanjutnya terkait dengan rekrutmen tenaga pendamping profesional desa, pelamar nantinya akan diarahkan pada halaman untuk pengisian biodata. Pada kolom biodata lakukan input dengan data yang sesuai. Lalu, lakukan upload CV. Ukuran file maksimal yaitu 150 Kb. Lakukan langkah berikut sebagai upaya untuk membuat ukuran jadi lebih kecil. pertama simpan CV dengan format word paling minimal adalah tahun 2007, bisa juga versi terbaru. Hindari untuk menampilkan file dari hasil scan, foto atau gambar. Kemudian, lengkapilah data diri sesuai dengan yang diminta. Persiapkan nomor Ijasah, alamat email, nomor HP, dan no. NIK KTP. Beralih pada total dari pengalaman kerja, masukkan semua pengalaman dengan jumlah tahun serta nama dari program/instansi/lembaga yang pernah menjadi tempat kerja. Harap perhatikan jumlah dari pengalaman kerja yang relevan dan sesuai dengan bidang terkait serta nama dari Program/instansi/ Lembaga tempat bekerja.

Bacalah informasi penting di halaman bawah, yaitu kolom warna kuning. Kemudian, klik submit. Setelah itu, muncul sebuah halaman verifikasi. Harap pastikan sekali lagi telah melakukan proses input dengan benar dan sesuai. Bila telah yakin data sudah benar, masukkan Captcha, lalu Centang pada pernyataan tentang kebenaran data. Lakukan kembali pembacaan pada informasi penting yang terletak di halaman bawah, yaitu di kolom dengan warna kuning. Lalu, klik Submit. Bila proses dari registrasi telah berhasil, maka klik pada tulisan lanjutkan ke tahap pemilihan posisi. Sebaliknya, jika dinyatakan gagal, kembali terlebih dahulu ke registrasi di tahap awal.

Beralih ke halaman pada registrasi tahap 2 untuk rekrutmen tenaga pendamping profesional desa. Pelamar memasukkan tanggal lahir dan nomor NIK sesuai dengan input data sebelumnya. Lalu, masukkan Captcha, kemudian klik cari. Pilihlah pada minat posisi yang terletak di halaman selanjutnya.

Perhatikan pula kuota yang tersedia. Masukkan Captcha, kemudian klik submit. Bila proses registrasi dinyatakan gagal, muncul sebuah notifikasi. Sedangkan alasan gagal karena kuota dari minat posisi yang dipilih tidak ada. Alasan lainnya sebab data yang dimasukkan tidak sesuai dengan kualifikasi sesuai dengan minat posisi yang dipilih. namun, bila proses registrasi dinyatakan berhasil, muncul juga sebuah notifikasi bahwa pelamar berhasil. Pelamar diberikan informasi untuk menunggu pemberitahuan selanjutnya. Informasi dari daftar peserta yang dinyatakan berhal untuk menjalani tertulis akan diberitahukan kemudian. Adapun alur seleksi dari rekrutmen tenaga pendamping profesional desa dijelaskan sebagai berikut.

Alur Seleksi dari Pendamping Profesional di Tahun 2017

Alur Seleksi dari Pendamping Profesional di Tahun 2017

Alur seleksi dari rekrutmen tenaga pendamping profesional desa terdiri dari tiga bagian, yaitu registrasi atau pendaftaran, proses seleksi, terakhir pengumuman hasil seleksi. Pelamar melakukan pendaftaran atau registrasi secara online melalui website http://pendamping2017.kemendesa.go.id.

Terdapat dua kemungkinan yang bisa terjadi pada peserta, dinyatakan tidak lulus atau lulus. Notifikasi untuk registrasi yang gagal dengan alasan tidak terpenuhi kualifikasi atau kuota tidak lagi tersedia. Demikian juga ketika dinyatakan lulus registrasi. Pelamar akan menerima notifikasi yang menyatakan bahwa pendaftaran telah diterima. Lalu, akan muncul himbauan untuk menunggu informasi berikutnya. Sedangkan proses dari daftar peserta disesuaikan dengan posisi dan provinsi berdasar pada total bobot dan diranking otomatis melalui sistem. Sesudah itu, akan ada pengumuman dari daftar peserta untuk melakukan tes tulis yang ditetapkan oleh pihak PPBI Provinsi. Pengumuman tersebut disertai pula dengan tempat pelaksanaan dan waktu penyelengaraan tes tulis.

Baca Juga: Persyaratan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa 2017

Ketika dinyatakan lulus registrasi untuk rekrutmen tenaga pendamping profesional desa, selanjutnya proses seleksi. Pelaksanaan dari tes tulis memiliki bobot 60%. Penetapan hasil dari tes tulis berdasar pada ranking. Setelah ada pengumuman hasil dari tes tulis, peserta dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu pengumuman dari peserta yang dinyatakan lulus serta jadwal untuk tes wawancara. Bobot untuk tes wawancara sebesar 40%. Total dari keduanya sebagai dasar dari penetapan hasil seleksi. Sesudah mengetahui hasil seleksi, selanjutnya menjalani pelatihan pratugas. Tahap terakhir, kontrak kerja dan penempatan.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Cara Mendaftar dan Alur Seleksi Pendamping Profesional Desa Tahun 2017"

  1. amaaf mau bertanya saat saya memilih posisi yang dipilih tidak muncul opsi nya ya mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. admin mw tanya sy udah daftar tahap 1 dan 2 dan sudah dpt no regitrasi, yg sy mw tanya, bobot minimal utk bs ikut tes tertulis brp ya min, makasih

    ReplyDelete
  3. min kalo dkartu konfirmasi bobot kita 45.5 mksdnya apa ya? makasihh😊

    ReplyDelete
  4. Admin saya sudah mendapat Bukti Registrasi. Apa langkah/Tahap selanjut nya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Notifikasi Reg. Gagal / Ditrima lewat mana min? email, no hp atau situs web nya?

    ReplyDelete
  6. min saya sudah mendaftar dan mempunyai bobot 56.25 terus langkah selanjutnya bagaimana

    ReplyDelete
  7. min...., kalau sudah ditetakan jumlah nilai dari bukti registrasi yg sudah diterima, terus info / pengumuman tes di muat di web: http://pendamping2017.go.id atau di alamat web apa?? mksh ..

    ReplyDelete
  8. Yang dari PNS bisa masuk Pendamping Desa ya?

    ReplyDelete