Alur Pendaftaran SM3T

Alur Pendaftaran SM3T

Segala upaya selalu dilakukan oleh pihak pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu usaha tersebut diwujudkan dalam program SM3T. Kemudian, apa yang dimaksud dengan SM3T? Istilah ini mengacu pada program yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan sebagai sebuah upaya pemerataan pada dunia pendidikan Indonesia. Kini, program SM3T berada langsung di bawah Kementrian Kebudayaan, padahal awalnya dibawah Dikti. Program ini telah terlaksana hingga angkatan yang ke VI di tahun 2016. Sedangkan pendaftaran SM3T tahun 2017 masih belum ada info lebih lanjut terkait dengan topik ini. Apakah akan dibuka angkatan baru di tahun 2017 masih menjadi tanda tanya besar.

Tujuan pemerintah dalam hal pemerataan pendidikan memang tertuang pada program SM3T, meski belum ada info terbaru dari pendaftaran SM3T untuk angkatan ke VII. Namun, bagi masyarakat sudah bisa berbangga hati karena telah ada upaya dari pemerintah untuk fokus pada dunia pendidikan, dengan terwujudnya program SM3T hingga angkatan ke VI. Selain itu, masih ada tindakan lain yang dilakukan oleh pemerintah terkait dengan pendidikan. Penetapan besarnya anggaran dan juga program-program lain tentang pendidikan masih dilakukan oleh pemerintah. Tentu saja seluruh tindakan tadi mempunyai tujuan sebagai upaya mengembangkan sektor pendidikan yang ada di Indonesia. Dasar dari segala tindakan tersebut adalah Undang-Undang Dasar 1945.

Program ini merupakan perwujudan dari munculnya permasalahan pada jumlah guru di wilayah 3T yang sangat terbatas. Di jaman sekarang, sebagian besar guru justru memilih untuk meniti karir di tanah kelahiran masing-masing. Sebagai salah satu efek yang ditimbulkan, yaitu jumlah guru yang ada di daerah 3T sangat kurang. Ditambah lagi, kebanyakan guru lebih memilih berkarir di wilayah kabupaten sebab adanya ragam fasilitas yang telah memadai. Sangat disayangkan bukan. Maka, sudah seharusnya ketika pendaftaran SM3T angkatan terbaru dibuka kembali, akan mendatangkan banyak peminat. Sehingga, permasalahan pendidikan di daerah terpencil bisa segera diperbaiki. Kemudian, pemerataan pendidikan bisa senantiasa terlaksana sesuai dengan harapan dari pemerintah.

Bagi guru yang telah mengikuti program SM3T maupun yang mempunyai minat untuk bergabung dengan melakukan pendaftaran SM3T akan mempunyai peran ketika berada di wilayah penempatan. Berbagai peran yang telah dilakukan oleh guru-guru yang ikut dalam program SM3T mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat. Peran ganda dilakukan oleh pihak guru di daerah tersebut. Tidak hanya menjadi guru di sekolah saja, namun biasanya mereka juga  ikut menyelenggarakan program-program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Program tersebut diantaranya bimbingan mengaji, bimbingan belajar, dan masih banyak program lain.

Banyak universitas di Indonesia, baik swasta maupun negeri mempunyai jurusan dalam bidang pendidikan. Sehingga, jumlah mahasiswa yang lulus sebagai pendidik juga berjumlah banyak. Tidak hanya ilmu murni saja, tetapi juga pendidikan banyak yang tertarik untuk mengikuti program SM3T. Bagi yang telah ikut ke dalam program ini, tentunya bisa sebagai tambahan pengalaman dalam hal mengajar, terutama di daerah 3T. Sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru paling berharga. Dengan adanya program ini memang menjadi motivasi bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya.

Pengalaman berharga ketika ikut ke dalam program SM3T adalah bisa mengetahui dasar bagaimana cara untuk memperbaiki pendidikan di daerah-daerah tertinggal. Dengan pengetahuan tersebut, maka bisa diketahui pula bagaimana cara untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Memang program ini memiliki peran yang sangat penting sebagai tolak ukur perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia.

Meskipun belum ada info terbaru terkait dengan program SM3T angkatan terbaru, namun tentunya para lulusan universitas menunggu-nunggu kabar dan ingin segera untuk bergabung. Apalagi, program ini memiliki peranan yang sangat penting, tidak hanya dari pihak pemerintah saja. Guru-guru yang tergabung juga bisa mendapatkan pengalaman berharga, dibanding dengan menjadi guru di daerah perkotaan yang memiliki fasilitas memadai. Selain itu, masyarakat yang tinggal di wilayah 3T juga memberikan tanggapan yang positif. Sehingga, pendaftaran SM3T angkatan ke VII pastinya dinanti-nanti tidak hanya oleh para lulusan, tetapi juga masyarakat yang akan menikmati perbaikan kualitas dalam hal pendidikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alur Pendaftaran SM3T"

Post a Comment