Info Guru Terbaru Mengenai Prosedur Sertifikasi

Info Guru Terbaru Mengenai Prosedur Sertifikasi

Sertifikasi adalah salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pegawai negeri sipil terutama bagi para tenaga pendidik. Tentu saja dalam hal ini adalah guru. Guru adalah salah seorang yang pahlawan tanpa tanda jasa yang memberikan seluruh tenaga dan ilmunya pada peserta didiknya secara ikhlas dan sabar. Pada akhir-akhir ini ada beberapa info guru terbaru yang bisa memperkaya pengetahuan Anda mengenai seorang guru baik beberapa tunjangan dan tugasnya sebagai pegawai negara yang bekerja dengan memberikan jasa pada peserta didik. Salah satunya adalah mengenai sertifikasi. Pastinya tidak semua orang mengetahui apa itu sertifikasi. Bahkan dari pihak guru sendiri pastinya ada beberapa yang tidak mengetahui bagaimana prosedur sertifikasi yang benar. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa informasi mengenai prosedur yang harus dilewati dan dilakukan untuk mencairkan uang sertifikasi Anda. Apa sajakah prosedurnya? Berikut informasinya untuk Anda.

Beberapa Informasi Guru Terbaru Mengenai Prosedur Sertifikasi

1. Mengumpulkan dokumen portofolio persyaratan sertifikasi
Dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan sertifikasi sudah tercantum dalam info guru terbaru di antaranya adalah kumpulan dokumen yang mendeskripsikan kualifikasi pendidikan, pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dari pengawas, prestasi akademik, karya pengembangan profesi, keikutsertaan karya ilmiah dan masih banyak lagi. Dokumen-dokumen portofolio ini dikumpulkan sebagai syarat untuk pencairan sertifikasi yang telah ditunggu-tunggu oleh para PNS. Jika guru yang memiliki nilai berkas portofolio di atas minimal maka akan dinyatakan lulus penilaian portofolio dan berhak menerima sertifikat sebagai tenaga pendidik. Bagi yang tidak lulus maka akan diberikan kesempatan untuk melengkapi dan memperbaiki dokumen portofolio.

2. Mendokumentasikan dan merangkum dokumen portofolio
Setelah dokumen portofolio tersebut telah terkumpul semua dan dinyatakan lulus seleksi, maka dokumen tersebut selanjutnya didokumentasikan dan dirangkum menjadi rangkuman atau format instrumen portofolio. Instrumen ini berisi mengenai data-data pribadi yang harus diisi dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan dokumen yang ada yang juga disisipkan bersama dengan instrumen ini. Dokumen ini digunakan sebagai bukti fisik untuk mendukung proses penilaian dari instrumen portofolio. Oleh karena itu, sebaiknya selalu update beberapa info guru terbaru untuk melihat beberapa persyaratan pencairan sertifikasi guru.

3. Pengesahan dokumen portofolio
Dokumen yang telah dibuat ini disahkan oleh kepala sekolah dan pengawas tempat guru yang bersangkutan mengajar. Namun, sebelum disahkan sebaiknya Anda harus benar-benar mengecek terlebih dahulu apakah dokumen ini benar-benar sudah benar dan lengkap ataukah belum. Karena kelengkapan dan kualitas dari dokumen-dokumen yang dibutuhkan menjadi prioritas penilaian untuk pengesahan dari dokumen untuk sertifikasi ini. Info guru terbaru banyak menyediakan informasi mengenai berbagai hal yang bersangkutan dengan guru yang bertugas sebagai pegawai negeri sipil. Jika berkas guru disahkan oleh kepala sekolah maka berkas dari kepala sekolah disahkan oleh kepala dinas pendidikan kabupaten atau kota tempat sekolah Anda mengajar.

4. Ujian dan pengumuman sertifikasi
Setelah dokumen tersebut disahkan, ada juga ujian yang harus dilewati oleh para guru yang ingin mendapatkan sertifikasi. Ujian ini pastinya ditujukan untuk mendapatkan kualitas guru yang benar-benar terjamin, sehingga tidak akan sia-sia jika sertifikasi ini dicairkan. Selain itu, ujian ini juga ditujukan untuk memberikan kompetensi guru di bidang pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Setelah ujian ini berhasil Anda lewati, pengumuman kelulusan pun akan segera Anda dapatkan. Hasil penilaian drai dokumen portofolio dan diklat profesi akan dikirim ke panitia sertifikasi tingkat kabupaten atau kota, sehingga informasi ini akan disampaikan lagi ke guru sebagai peserta sertifikasi yang telah mengikuti beberapa prosedur yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Informasi pun bisa Anda dapatkan.

Itulah beberapa info guru terbaru mengenai prosedur yang harus dilewati untuk proses kelancaran sertifikasi yang merupakan salah satu hal yang diharapkan oleh para PNS. Oleh karena itu, tidak sedikit tenaga pendidik yang benar-benar menyiapkan dan mengikuti berbagai prosedur yang harus dilewati untuk kelancaran sertifikasi. Tentu saja, karena tidak sedikit keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sertifikasi ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info Guru Terbaru Mengenai Prosedur Sertifikasi"

Post a Comment