Satu Aplikasi SIMPEG DKI Mudahkan Segala Urusan

Satu Aplikasi SIMPEG DKI Mudahkan Segala Urusan

SIMPEG merupakan sebuah sistem informasi yang memang dirancang guna menangani segala hal yang terkait dengan pengurusan kepegawaian. Berbagai urusan terdiri dari pengolahan, pengisian, dan pemusatan data yang memakai sistem komputer sehingga bisa menangani segala jenis laporan yang berkaitan dengan kepegawaian. Sistem ini bisa diakses dengan internet sehingga bisa lebih mudah untuk diakses serta memudahkan dalam hal proses administrasi kepegawaian. Oleh karena itu, SIMPEG DKI berfungsi guna memudahkan proses administrasi dari kepegawaian yang ada di wilayah DKI sendiri. Pada tahun 2016, pihak pemerintah telah melakukan pengembangan dari SIMPEG menjadi SIMPEG New 015.

Hasil pengembangan terbaru tersebut adalah sebuah aplikasi database dari kepegawaian dengan dengan basis kompetensi. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini telah mampu untuk mendukung pengelolaan dari SDM yang berdasar pada presisi atau merit system. Sistem tadi mengacu pada segenap perilaku dari kerja pegawai yang terwujud menjadi prestasi baik maupun buruk. Kedua prestasi tadi tentunya akan berpengaruh secara langsung pada proses naik atau turunnya jumlah dari penghasilan, karir ataupun jabatan. Aturan yang mengatur hal ini adalah UU nomor 5 th. 2014 mengenai ASN. Sehingga, SIMPEG DKI bisa menjadi tolak ukur keberhasilan maupun kegagalan yang dilakukan di lingkup DKI sendiri.

Sosialisasi tentang adanya aplikasi ini juga telah dilakukan oleh pihak pemerintah. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di sebuah aula kantor wilayah meliputi seluruh daerah yang ada di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, sambutan dilakukan oleh Dr. Mardjoeki, Bc.IP.,M.Si. Di dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pada 25 Februari tahun 2016 dilaksanakan kegiatan berupa Launching SIMPEG tipe terbaru. Pada acara tersebut juga diadakan Telecomfrence antara pejabat yang ada di lingkungan wilayah dengan Menhumkam HAM. Kegiatan tersebut berkaitan dengan adanya operasional dari berbagai fitur baru di dalam SIMPEG terbaru, diantaranya ijin atau cuti, fitur absensi, fitur Kinerja, dan DL pegawai. Dengan demikian, fungsi dari SIMPEG DKI terdapat berbagai fitur seperti yang telah disebutkan tadi.

Pada kegiatan tersebut terbagi jadi dua sesi. Pada sesi yang pertama pelaksanaannya meliputi semua pegawai yang ada di kantor wilayah. Sedangkan untuk sesi kedua, dilaksanakan bagi jajaran UPT di Subbagian kepegawaian yang terkait. Sedangkan kegiatan sosialisasi yang dilakukan diisi secara langsung dari narasumber yang terkait. Di dalam kegiatan sosialisasi tersebut, selaku pihak pemerintah yang ditunjuk mengenalkan inovasi dari SIMPEG terbaru. Pada versi terbaru terdapat penyempurnaan bagian-bagian fitur. Perubahan yang dilakukan terdapat pada profil, sasaran kinerja, absensi, administrasi jabatan, interaksi pegawai, informasi pensiun, penghargaan, KGB. Selain fitur-fitur tadi, masih ada pula fitur lainnya, yaitu dossier, izin, tunjangan kinerja, DRP, disiplin, informasi kepangkatan, DRH dan layanan konsultasi. Seluruh fitur tersebut dihadirkan supaya pelaksanaan dari administrasi dalam bidang kepegawaian bisa ada di dalam satu aplikasi saja. Dengan menggunakan SIMPEG DKI, maka sudah bisa mencakup seluruh urusan kepegawaian hanya dalam satu aplikasi saja.

Kini, urusan kepegawaian di lingkup wilayah DKI, bisa dipermudah dengan hadirnya SIMPEG versi terbaru. Hal ini menjadi salah satu perwujudan dari pihak pemerintah dalam hal memberikan kemudahan dalam hal administrasi. Inilah salah satu fungsi dari adanya perkembangan teknologi terkini. Hanya dalam satu aplikasi saja, sudah terdapat beberapa fitur yang bisa membantu kinerja baik dari bagian administrasi maupun pegawai yang menggunakan aplikasi tersebut. Pada salah satu ragam fitur yang dihadirkan terdapat layanan yang bisa digunakan oleh pengguna untuk bisa bertanya mengenai segala sesuatu yang terkait dengan urusan administrasi.

Tidak hanya pegawai yang masih aktif saja, bagi pegawai yang sudah pensiun juga kemudian bisa menggunakan karena terdapat layanan pensiun. Sementara itu, pengguna juga bisa mengetahui tingkatan yang ada pada tunjangan profesi yang memang memiliki jumlah nominal berbeda pada tiap jabatannya. Dengan satu aplikasi saja, segala urusan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Hal ini tentu saja bisa menjadi semakin efektif dan efisien. Sehingga, hanya dengan menggunakan SIMPEG DKI segala hal yang berkaitan dengan urusan administrasi yang ribet, kini jadi lebih simpel. Aplikasi ini sangat cocok dengan keadaan Jakarta sebagai kota dengan tingkat kepadatan tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satu Aplikasi SIMPEG DKI Mudahkan Segala Urusan"

Post a Comment