Informasi Tentang Buku Guru dan Siswa

Informasi Tentang Buku Guru dan Siswa

Sebagai dampak dari keberhasilan dari implementasi kurikulum tahun 2013 sangat mempengaruhi pada semangat guna melakukan adanya sebuah perubahan. Adanya perubahan tersebut untuk menuju ke arah yang jauh lebih baik yang berasal dari para guru. Dari semangat inilah, maka mampu untuk memberikan dukungan meliputi aktivitas dan juga kreativitas. Kedua hal tadi bisa dilakukan dengan melakukan pemberdayaan pada seluruh kompetensi yang terdapat pada guru. Termasuk juga di dalamnya keinginan dalam memahami serta menggunakan buku yang berdasar pada kurikulum 2013. Buku yang memang digunakan adalah buku guru dan siswa. Kedua jenis buku ini memang digunakan selama proses pembelajaran.

Penggunaan Buku Guru dan Siswa

Buku guru di dalam rangkaian buku guru dan siswa, mempunyai pengertian sebagai buku panduan. Fungsi dari buku panduan tadi adalah agar digunakan oleh guru sebagai sebuah buku pegangan. Dengan adanya buku pegangan tadi, maka para guru bisa terbantu dalam hal penggunaan dan pemahaman bagaimana menggunakan buku siswa. Fungsi lainnya adalah untuk memberikan sebuah panduan untuk guru dalam hal pelaksanaan dari proses pembelajaran. Lain halnya dengan buku siswa.

Buku siswa mempunyai pengertian sebagai buku teks dari pelajaran yang memang layak untuk digunakan selama proses pembelajaran. Tidak hanya itu saja, buku siswa juga bisa menjadi pegangan siswa dalam hal mengikuti proses dari pembelajaran. Di dalam buku guru dan siswa, dijabarkan adanya usaha minimal yang wajib dilakukan oleh siswa. Mengapa kewajiban tadi harus dilakukan? Kewajiban tadi dilakukan oleh siswa agar mencapai kompetensi sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, peran guru menjadi sangat penting. Peran dari guru adalah untuk menyesuaikan dan meningkatkan daya serap dari siswa dengan adanya ketersediaan kegiatan yang ada di buku tersebut.

Selain dengan adanya buku tadi, guru juga bisa memperkaya dirinya sendiri yang berbentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan sesuai dengan adanya kompetensi yang diharapkan. Melalui ketersediaan buku guru dan siswa, maka diharapkan pula guru bisa mendapatkan berbagai kemudahan terkait dengan pemahaman tentang berbagai macam cara. Macam dari cara-cara tersebut diantaranya terkait dengan membelajarkan, melakukan remedi, dan cara menilai. Selain cara-cara tersebut, cara terakhir adalah bagaimana melakukan interaksi antara siswa, guru, serta orang tua. Setiap buku guru pada tiap-tiap pelajaran diharap bisa membantu guru dalam hal memberikan beragam fasilitas kepada siswa. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah memberikan proses belajar dengan aktif, efektif dan efisien. Dengan ragam fasilitas tadi, maka akan mampu untuk mencapai yaitu standar kompetensi dari kelulusan yang memang diharapkan.

Sedangkan buku siswa yang nantinya dipegang oleh siswa, digunakan sebagai sebuah panduan dalam beraktivitas selama proses pembelajaran. Dengan adanya buku tersebut, proses pembelajaran jadi lebih mudah dan siswa bisa menguasai jenis kompetensi tertentu. Buku siswa juga masih mempunyai fungsi lain. Fungsi tersebut adalah tidak hanya untuk sekedar sebuah bacaan saja, akan tetapi juga digunakan ketika melaksanakan berbagai macam kegiatan selama proses pembelajaran atau biasa disebut dengan activites based learning. Isi dari buku siswa tadi dilengkapi dan dirancang dengan ragam aktivitas atau juga contoh cerita. Ragam contoh cerita tadi menggambarkan kehidupan yang dialami sehari-hari.

Dengan adanya gambaran dalam hal kehidupan sehari-hari tadi, maka bertujuan supaya pembelajaran kontekstual bisa senantiasa dilaksanakan. Siswa sendiri diharap bisa mempelajari sesuatu hal yang memang dianggap relevan dengan adanya kehidupan yang memang dialami olehnya. Tujuan dari penyusunan buku siswa adalah sebagai fasilitas bagi siswa agar mendapatkan sebuah pengalaman dalam belajar yang mempunyai makna. Isi dari sajian di dalam buku lebih diarahkan supaya siswa menjadi lebih aktif dalam hal mengikuti adanya proses pembelajaran lewat berbagai kegiatan. Macam dari kegiatan siswa yang bisa dilakukan adalah pengamatan, penalaran, bertanya, percobaan, diskusi, dan peningkatan adanya komunikasi tidak hanya dengan teman tetapi juga dengan gurunya.

Demikian penjelasan maupun fungsi dari buku guru dan siswa. Kedua jenis buku ini berdasar pada kurikulum 2013. Telah dijelaskan secara detail fungsi dari kedua buku tadi. Sehingga, tidak hanya guru saja yang bisa memahami. Pihak orang tua, meskipun tidak secara langsung menggunakan, tetapi bisa mengetahui juga fungsi dari buku-buku tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Tentang Buku Guru dan Siswa"

Post a Comment