Konten E-Learning dan Tutorial untuk Para Pengajar dan Peserta

Konten E-Learning dan Tutorial untuk Para Pengajar dan Peserta

Saat ini zaman semakin maju. Tak hanya gadget dan alat elektronik saja yang mengalami pembaharuan. Sistem pengajaran di Indonesia pun mulai mendapat inovasi baik berupa teknik metode maupun bahan ajar yang digunakan. Salah satu topik hangat yang sedang dibahas ialah konten e-learning. Para guru yang mengajar di sekolah dituntut mengetahui dan memahami tentang materi yang diajarkan. Oleh karena itulah diadakan tes UKG. Ini dilakukan agar  guru dapat mengikuti perkembangan yang ada serta tidak tertinggal dari bangsa lainnya.

Jika hasil tes UKG 2015 di bawah standar, pendidik wajib mengikuti program guru pembelajar dengan metode berbasis internet. E-learning ini tak hanya praktis. Ia pun disukai oleh para peserta sebab sebagian besar dirancang menarik sehingga siswa tak cepat bosan dengan materi atau bahan ajar yang sedang diajarkan via internet. Adanya media ini tentu memudahkan pengajar dalam mentransfer materi yang diajarkan. Sayangnya, media positif ini belum dikuasai oleh sebagian guru-guru di luar sana. Masih ada yang belum mengetahui cara menjadi pemateri kelas via internet.

Memang, cara membuat e-learning ini tak mudah karena bagi sebagian orang, mengoperasikan komputer untuk menciptakan sebuah media pembelajaran tidaklah mudah. Apalagi para guru yang sudah lanjut usia dan belum mengetahui cara membuat konten e-learning. Dilema ini juga dirasakan pengajar yang ingin memberikan materi dengan media e-learning. Padahal sebenarnya tutorial cara membuat konten e-learning tidaklah sesulit yang dikira. Hanya saja, memang membutuhkan beberapa langkah. Nah, di bawah ini terdapat sedikit penjelasan tentang cara mudah memahami pembuatan e-learning bagi pengajar.

Untuk alamat website yang harus diakses adalah http://lms.elearning.id/. Jika telah berhasil mengakses segera login dengan username dan password yang Anda punya sebagai pengajar. Kemudian pilih “kelas”. Nah, di bagian ini silakan pilih bagian pojok kanan atas bagian yaitu Turn Editing On. Selanjutnya lihatlah di bawah dan Add an activity on resource. Lalu, halaman layar akan berubah dan ada banyak pilihan menu. Pilihlah SFMCU kemudian klik ADD yang terletak di bagian bawah. Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa info yaitu nama kelas, waktu dan tanggal serta durasi kelas akan berlangsung. Lalu, simpan dan terakhir Display. Itulah beberapa hal tentang konten e-learning yang harus dilakukan sebagai pengajar di program ini.

Namun, jika Anda hadir sebagai Peserta, caranya sedikit berbeda. Meskipun demikian, alamat situsnya sama. Langkah pertama yang harus dilakukan setelah berada di situs tersebut adalah login. Pastikan password dan usernamenya sama. Jika tidak, Anda takkan berhasil masuk ke web tersebut. Kemudian, pilih kelas yang akan diikuti, semisal Kelas Matematika dan pilih Kelas Tutorial. Konten e-learning ini sangat mudah diakses yaitu dengan memilih kelas yang akan dipelajari semisal Bahasa Inggris. Lalu arahkan ke bawah dan klik Kelas Tutorial.

Adanya program guru pembelajar ini bertujuan agar kemampuan serta keahlian guru bisa lebih meningkat. Konten e-learning yang ditawarkan memang berbasis internet sehingga bisa dibuka dan dipelajari tanpa harus bertatap muka dengan si pemateri. Ini sangat menghemat waktu dan biaya.

Tak semua guru diwajibkan untuk melaksanakan program ini. Hanya orang-orang tertentu yang hasil rapor UKGnya kurang dari batas minimal yang ditentukan. Namun, jika UKG Anda tidak lulus, maka wajib hukumnya ikut dalam program pemerintah ini. Secara umum, bagi guru yang tidak lolos dalam UKG, maka diwajibkan mengikuti program pembelajaran selama 3 bulan. Berbicara soal program ini, pembelajaran dengan internet ini hanya salah satu metode saja. Sebab, jika dirasa kurang dari nilai yang ditentukan guru harus bersedia melakukan pembelajaran via internet dan tatap muka. Adanya e-learning pada program pembelajaran ini diharapkan mampu memberikan motivasi serta dukungan bagi guru. Sehingga, kompetensi mereka bisa lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

Itulah cara mudah mudah untuk mengakses pembelajaran dengan konten e-learning. Hanya dengan sekali membaca tutorial saja, Anda sedikit banyak akan mengerti caranya. Untuk dapat membukanya, pastikan terlebih dahulu komputer atau laptop Anda terkoneksi dengan internet yang bagus. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Anda. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konten E-Learning dan Tutorial untuk Para Pengajar dan Peserta"

Post a Comment