Loker KPK, Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi dalam Pemberantasan Korupsi

Loker KPK, Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi dalam Pemberantasan Korupsi

Indonesia belakangan semakin terkenal dengan sebutan negara terkorup. Hal ini tentu saja bukanlah sebuah prestasi yang membanggakan. Ini menunjukkan bahwa para pejabat publik di Indonesia, bukanlah orang-orang yang dipercaya untuk mengemban amanah dari rakyat. Sebaliknya, rakyat seolah dikhianati dengan tindakan dan perbuatan para pejabat ini dengan menggunakan amanah dari rakyat untuk kepentingan pribadi. Kebanyakan para koruptor ini menggunakan uang yang diberikan oleh rakyat, sebagai pajak untuk kemudian digunakan membangun bangsa ini menjadi lebih baik, untuk kepentingan dan kesenangannya sendiri tanpa memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, baik pada rakyat maupun pada dirinya sendiri. Oleh karena itulah kemudian dibentuk sebuah lembaga bernama KPK yang bertugas untuk menyelidiki dan mengadili para koruptor di negeri ini. Anda yang berminat untuk bergabung dalam lembaga anti rasunah ini bisa menyimak info loker KPK berikut.

Syarat dan Cara Mendaftar Loker KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini berdiri sejak tahun 2002 lalu. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2002 tentang Tindak Pidana Korupsi, KPK berdiri sebagai lembaga negara yang bersifat independen. Dalam kaitannya menjalankan tugas dan kewajibannya memberantas korupsi di Indonesia KPK bebas dari intervensi dan pengaruh pihak manapun. Karena itulah semua pegawai KPK, baik yang bertugas sebagai penyidik maupun tugas lainnya dipilih dari masyarakat umum yang memiliki kompetensi dan integritas untuk diberi tanggung jawab dalam memberantas tindakan korupsi di Indonesia. Setiap tahunnya KPK akan membuka rekrutmen atau pendaftaran bagi setiap putra putri terbaik bangsa untuk bergabung dalam memberantas korupsi di Indonesia. Loker KPK selalu dibuka untuk umum dan proses seleksinya pun dilaksanakan secara terbuka.

Dalam setiap loker KPK yang dibuka, akan ada ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan oleh para pendaftar. Ketentuan itu antara lain berstatus sebagai warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan adanya KTP. Pendaftar juga harus memenuhi persyaratan umur minimal yang diajukan yakni 40 tahun dan maksimal 60 tahun dengan pendidikan minimal setingkat sarjana (S1). Sebagai lembaga negara independen, syarat lain yang harus dipenuhi adalah tidak menjadi salah satu anggota dari partai politik dan bersedia melepaskan jabatan yang sedang diduduki apabila termasuk dalam lembaga aparatur negara. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga independensi serta netralitas dari KPK itu sendiri. Dan yang paling penting adalah tidak memiliki hubungan dengan pegawai KPK serta tidak memiliki catatan kriminal atau dihukum karena sebuah kejahatan.

Untuk melamar dalam loker KPK ini, calon peserta harus mendaftar secara online melalui situs resmi KPK. Pelamar harus mengikuti setiap petunjuk dan tata cara pendaftaran yang tertera dalam website. Sebelumnya calon pendaftar harus melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran ini, diantaranya ada kartu identitas, ijazah dari S1 serta soft file dari pas photo. Langkah selanjutnya adalah mengunduh formulir yang ada setelah melakukan registrasi online. Selanjutnya, pendaftar diwajibkan untuk mengunggah berkas-berkas yang sudah disiapkan sebelumnya dalam format jpg ke dalam website.

Sedangkan untuk mengisi form regitrasi online, ada petunjuk yang bisa menjadi panduan. Pertama klik kolom pendaftaran pada website resmi rekrutmen KPK. Kemudian pendaftar akan diminta untuk mengisi pernyataan yang terdapat pada halaman web. Sebelum menyetujui seluruh pernyataan, pendaftar tidak akan bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Setelah selesai mengisi pernyataan, Anda akan dialihkan ke halaman formulir. Isilah setiap kolom dengan informasi diri Anda dengan sebenar-benarnya dan dapat dibuktikan saat verifikasi dokumen. Telitilah dalam mengisi dan jangan sampai ada informasi yang terlewat. Setelah selesai, Anda bisa mengklik tombol kirim. Selanjutnya Anda akan mendapatkan konfirmasi registrasi yang akan dikirimkan melalui surat elektronik. Dalam email yang Anda terima juga akan disertakan nomor registrasi yang akan Anda gunakan selama melakukan seleksi. Kemudian yang terakhir Anda harus mengirim berkas-berkas yang dibutuhkan dengan cara mengunggahnya ke dalam website. Terakhir Anda tinggal menunggu jadwal seleksi serta pengumuman hasil seleksinya.

Dalam setiap loker KPK yang dibuka setiap tahun selalu mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat juga ingin berperan aktif dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Loker KPK, Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi dalam Pemberantasan Korupsi"

Post a Comment