Info Terbaru Lowongan Kerja PP INSW Kementrian Keuangan yang Menyangkut Syarat dan Ketentuannya
Kementrian Keuangan merupakan lembaga pembantu Presiden yang membidangi keuangan negara. Tugas utamanya adalah untuk memanajemen alokasi dan penggunaan uang negara agar tepat sasaran. Sebagai lembaga penjaga uang negara, maka pegawai yang ada di dalamnya harus memenuhi standar kualifikasi tertentu. Sehingga tidak heran, bahwa orang yang duduk di jajaran kementrian keuangan, baik pada posisi pegawai sampai ke menteri keuangannya adalah benar-benar orang terpilih. Setiap tahun, Pengelola Portal Indonesia National Single Window Kementrian Keuangan biasanya membuka lowongan pekerjaan. Seandainya Anda berminat, maka sebaiknya Anda menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Semakin jauh-jauh hari Anda siapkan, tentu akan semakin baik. Berikut ini informasi detail mengenai lowongan pekerjaan PP INSW yang bisa Anda jadikan referensi.
Lowongan Kerja PP INSW Kementrian Keuangan
1. Tahapan Seleksi Calon Pegawai
Untuk mengisi kebutuhan pegawai di PP INSW, Kementrian Keuangan setiap tahunnya membuka kesempatan kepada segenap pegawai pada lingkungan kementrian/lembaga maupun dari profesional, untuk mengisi kekosongan kursi pegawainya. Sebelum membahas secara detail mengenai syarat dan ketentuannya, Anda harus memahami perihal alur recruitmen yang dilakukan oleh pihak kemenkeu. Proses seleksinya sendiri biasanya melalui beberapa tahap, yaitu ujian tertulis dan tes interview atau wawancara.
a. Ujian Tertulis
Ujian tertulis merupakan tahapan awal yang harus Anda lalui pertama kali. Biasanya materi yang diujikan adalah tes psikotes dan kemampuan dasar. Untuk bisa lolos seleksi ini memang harus ada persiapan yang matang. Maka sebaiknya Anda perbanyak belajar dan latihan. Sebenarnya soalnya tidak terlalu sulit, namun juga tidak bisa dibilang mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah konsentrasi penuh selama mengerjakannya.
Model tes psikotes sendiri biasanya berisi soal dengan beberapa kategori, yaitu penalaran angka dan penalaran gambar. Tujuan dari soal jenis ini adalah untuk mengasah kemampuan analisis calon pegawai, terhadap suatu permasalahan yang ada. Yang dalam tes ini digambarkan dengan bentuk soal-soal penalaran tersebut.
b. Tes Wawancara
Setelah dinyatakan lolos pada tahap ujian tertulis, Anda bisa melanjutkan ke tahap tes wawancara. Tes wawancara sendiri merupakan tindak lanjut dari psikotes tertulis. Sebab tes wawancara sendiri berupa pertanyaan-pertanyaan lisan, yang diutarakan oleh seorang psikolog yang bertujuan untuk mengenali pribadi Anda lebih dalam lagi.
Dalam menghadapi tes wawancara tersebut sebaiknya Anda tetap rileks, dan jawab semua pertanyaan dengan jawaban yang mantap. Sehingga Anda bisa meyakinkan pihak pewawancara, bahwa Anda adalah orang tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.
2. Informasi Detail Pekerjaan yang dibutuhkan
Lowongan pekerjaan di PP INSW Kemenkeu sendiri selalu berubah-ubah. Sebab jenis pekerjaan dan jabatan yang dilowongkan sesuai dengan kebutuhan dari kemenkeu sendiri. Namun sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di PP INSW sebagai referensi bagi Anda.
a. Jenis-jenis pekerjaan di PP INSW:
- Kadiv Hubungan Antar Lembaga
- Kesubdiv. Tata Kelola Teknologi Informasi
- Analis Proses Bisnis
- Analis Bagian Pengembangan dan Operasional Sistem
- Analis Bagian Hubungan Antar Lembaga
- Penanganan perkara
b. Persyatan Umum
Adapun persyatan umum yang harus Anda penuhi, diantaranya:
- Jenis kelamin laki-laki/perempuan
- Merupakan penduduk Indonesia (WNI)
- Berintegritas serta memiliki akhlak dan moral yang baik
- Memiliki riwayat kesehatan yang baik
- Memiliki kriteria khusus, seperti pengalaman, keahlian serta keilmuan yang sesuai dengan bidang tersebut
- Pendidikan minimal S1
c. Persyaratan Khusus
- Golongan PNS
- Syarat bagi pelamar harus memiliki status PNS aktif pada beberapa lembaga negara baik BUMN ataupun Kementrian RI
- Tidak pernah/sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat berat maupun kasus hukum pidana dan perdata
- Berumur minimal 25 tahun, dengan pengalaman PNS selama 5 tahun
- Mendapatkan surat izin dari pimpinan unit di lembaganya masing-masing serta mendapatkan surat rekomendasi
- Bersedia ditempatkan di PP INSW selama 4 tahun dan dapat diperpanjang
- Mengajukan surat lamaran kepada kepala Biro SDM Kemenkeu sebagai panitia seleksi
- Golongan Non-PNS
- Mempunyai pengalaman kerja minimal 2 tahun pada bidang yang sama
- Umur minimal 25 tahun
- Peserta tidak pernah/sedang terkena kasus hukum pidana atau perdata
- Mendapatkan rekomendasi dari atasan pada pekerjaan sebelumnya
- Pelamar mengajukan surat lamaran ke Biro SDM Kemenkeu
Demikianlah informasi mengenai info terbaru lowongan kerja PP INSW Kementrian Keuangan yang menyangkut syarat dan ketentuannya. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Info Terbaru Lowongan Kerja PP INSW Kementrian Keuangan yang Menyangkut Syarat dan Ketentuannya"
Post a Comment