Paket Lengkap Informasi Rekrutmen PERTAMINA

Paket Lengkap Informasi Rekrutmen PERTAMINA

Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara atau yang biasa dikenal dengan PT PERTAMINA merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang gas dan perminyakan di Indonesia. PERTAMINA merupakan salah satu BUMN yang memiliki nama besar dan kredibilitas tinggi di Indonesia. Selain nama besar yang disandang oleh perusahaan ini, gaji yang ditawarkan sudah tidak mungkin diragukan lagi. Untuk karyawan dengan level kerja staff entry saja PERTAMINA memberikan gaji kurang lebih Rp 7.000.000,-. Selain gaji, banyak fasilitas dan tunjangan yang akan diberikan kepada para karyawannya. Berdasarkan luar biasanya hasil yang akan didapatkan, banyak masyarakat yang selalu berlomba-lomba untuk mengikuti setiap Rekrutmen PERTAMINA.

Alur Pendaftaran, Cara Mendaftar, Hingga Tips and Trick Lolos Rekrutmen PERTAMINA

Layaknya proses rekrutmen dalam sebuah perusahaan, Rekrutmen PERTAMINA juga memiliki alur pendaftaran tersendiri. Tahapan pendaftaran untuk perusahaan sebesar PERTAMINA pastilah tidak mudah. Tahapan pertama yang dilewati adalah seleksi administrasi. Seleksi administrasi ini meliputi pendaftaran baik online maupun offline dan pengklasifikasian peserta yang sesuai dengan kebutuhan karyawan di PERTAMINA pada periode tersebut. Jika sudah dinyatakan lolos dari seleksi administrasi, berbagai tes telah menanti untuk dilewati. Beberapa tes tersebut adalah tes psikometri, tes TOEFL, tes kesehatan hingga wawancara. Proses rekrutmen yang cukup banyak membutuhkan jangka waktu lama bahkan hingga 2-3 bulan.

Informasi pendaftaran sebagai karyawan PERTAMINA dapat dilihat dan dilakukan melalui website resmi milik PERTAMINA. Pada tahap ini Anda perlu berhati-hati karena dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, sekarang ini banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan PERTAMINA dan meminta sejumlah uang kepada para pencari kerja. Alamat website resminya adalah recruitment.pertamina.com. Didalam website tersebut sudah lengkap dijelaskan mengenai posisi apa saja yang membuka peluang kerja hingga syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan. Syarat-syarat pendaftaran setiap posisi akan berbeda karena akan disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan pada posisi tersebut.

Langkah selanjutnya dalam rekrutmen PERTAMINA, buatlah akun pada website tersebut dan mulai mengisi data-data pribadi. Jika mendaftar melalui online seperti ini membutuhkan beberapa unggahan file seperti scan ijazah, scan transkrip nilai, scan pas foto terbaru minimal 3 bulan terakhir, scan CV, scan sertifikat TOEFL/TOEIC dan scan sertifikat lain sebagai pendukung. Selanjutnya silahkan menunggu hingga hasil seleksi administrasi diumumkan. Anda akan dihubungi jika lolos dalam tahap ini. Tahap selanjutnya adalah tes psikologi. Beberapa berkas perlu disiapkan untuk proses verifikasi pada saat tes psikologi nantinya. Beberapa berkas tersebut seperti pas foto, fotocopy ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir, CV, fotocopy sertifikat TOEFL/TOEIC, fotocopy SKCK dan fotocopy surat bebas narkoba.

Dalam tahap tes psikologi rekrutmen PERTAMINA jangan berharap dapat bertindak curang karena selayaknya tes psikologi lain, tes ini akan memberikan gambaran mendalam mengenai diri Anda bahkan sesuatu yang Anda sendiri tidak menyadarinya. Disarankan untuk tidak sarapan berlebihan dan istirahat yang cukup. Berikut adalah beberapa tes yang biasanya ada dalam rekrutmen PERTAMINA. Tes pertama adalah DISC Personality Test dimana kita akan diberikan beberapa pilihan suatu kondisi dan memperbolehkan kita memilih pilihan mana yang sangat sesuai dengan kepribadian kita. Selanjutnya ada warteg test yaitu melihat kepribadian melalui gambar. Kemudian ada Pauli test yang mengharuskan para pelamar untuk menjumlahkan banyak angka dalam waktu tertentu. Pada tahap pauli test ini Anda sebaiknya tetap stabil dan tidak terburu-buru dalam mengerjakan.

Hal terakhir yang perlu dibahas adalah tahap wawancara. Tahap ini merupakan tahap kunci apakah Anda akan lolos dalam rekrutmen PERTAMINA. Beberapa pertanyaan akan menjebak dan membuat para pelamar menjadi kebingungan. Berikut beberapa tips saat wawancara. Pertama, usahakan selalu memberikan alasan dari setiap jawaban yang dilontarkan. Kedua, usahakan pula untuk tetap konsisten namun tidak seperti menggurui dan keras kepala. Ketiga, tetap rendah hati bukan rendah diri. Anda harus tetap percaya diri namun jangan pernah memberi kesan sombong dan angkuh. Terakhir adalah bertanyalah jika diberi kesempatan untuk bertanya karena akan memberikan nilai tambah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paket Lengkap Informasi Rekrutmen PERTAMINA"

Post a Comment