Info Seputar Pendaftaran Pramugari

Info Seputar Pendaftaran Pramugari
Image by Yahoo Finance Canada at Flickr, CC BY 2.0, https://www.flickr.com/photos/yfinancecanada/9211474820

Apakah Anda sedang mencari info seputar pendaftaran pramugari? Pramugari merupakan salah satu jenis pekerjaan yang dianggap prestigious sehingga tidak heran banyak orang yang bercita-cita pekerjaan tersebut. Dengan menjadi pramugari, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, mulai dari bisa melihat sunset atau sunrise di ketinggian 36.000 kaki hingga bisa liburan dengan gratis ke berbagai bagian dunia. Jadi, banyak pula yang berpendapat bahwa menjadi pramugari mengajarkan banyak pengalaman berharga mulai dari cara menangani keadaan darurat hingga cara melayani orang lain dengan baik. Namun, Anda perlu tahu bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin menjadi seorang pramugari.

Lebih Jauh Mengenai Pendaftaran Pramugari

Ketika Anda berniat menjadi seorang pramugari di salah satu perusahaan maskapai atau penerbangan, ada banyak hal yang penting untuk diketahui. Beberapa diantaranya seperti syarat fisik, syarat berkas, beberapa jenis tes, dan sebagainya. Bahkan, pendaftaran pramugari yang dibuka oleh sebuah maskapai dengan perusahaan lainnya belum tentu sama. Perusahaan transportasi yang bergengsi dan bagus bisa saja menentukan kriteria yang lebih spesifik untuk para pelamar posisi pramugari.

Setiap tahunnya, berbagai maskapai perusahaan biasanya membuka lowongan pekerjaan untuk posisi pramugari. Walaupun jika dilihat dari persyaratan fisik dan berkas siapa saja bisa mendaftar menjadi pramugari, perusahaan penerbangan biasanya akan lebih mengutamakan pelamar yang berasal dari sekolah pramugari. Salah satu alasannya karena lulusan dari sekolah pramugari lebih dipersiapkan. Selain itu, sejak proses pendaftaran pihak sekolah khusus ini umumnya juga telah menyeleksi pesertanya mulai dari tes kerapian gigi, postur tubuh, serta ketentuan fisik lainnya. Lalu, persyaratan apa yang sekiranya ditetapkan oleh suatu maskapai penerbangan?

Lowongan untuk posisi initial pramugari yang dibuka oleh maskapai penerbangan biasanya memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan dalam pendaftaran pramugari yang harus dipenuhi oleh pencari kerja meliputi beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Wanita
  2. Persyaratan ini merupakan hal umum pertama untuk pelamar posisi pramugari.
  3. Berumur minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun
  4. Hampir semua maskapai penerbangan menetapkan batasan umur untuk siapa saja yang melamar sebagai pramugari. Karena itu, jika Anda seorang perempuan dan berada pada rentang usia 18-25 tahun, lowongan ini masih terbuka untuk dimasuki.
  5. Belum pernah menikah
  6. Pekerjaan menjadi pramugari adalah salah satu jenis pekerjaan yang membutuhkan dedikasi tinggi. Karena itulah, persyaratan ini ditetapkan dan harus dipenuhi oleh pelamar lowongan ini.
  7. Memenuhi ketentuan tinggi dan berat badan proporsional
  8. Seperti halnya persyaratan tinggi minimal dan berat badan proporsional yang ditetapkan oleh sekolah pramugari, perusahaan maskapai penerbangan yang membuka lowongan posisi pramugari juga memiliki ketentuan khusus. Ketentuan tersebut adalah peserta harus memiliki tinggi minimal 158 cm. Bagaimana dengan beratnya? Pengukuran berat badan proporsional bisa menggunakan formula Indeks Massa Tubuh adalah hasil dari kg berat badan yang dimiliki dibagi kuadrat meter tinggi badan. Sebagai contoh, apabila memiliki BB 50 kg dan TB 160 cm, Anda memiliki Indeks massa tubuh 19.53 kg/m2. Nilai tersebut sesuai dengan IMT ideal, yaitu 18.5-23.
  9. Memenuhi persyaratan fisik seperti tidak buta warna dan tidak berkacamata
  10. Jadi, pelamar yang memiliki gangguan pada mata seperti buta warna, silinder, plus, dan minus lebih dari -1 dioptri tidak diperkenankan mendaftar. Selain itu, mereka yang memiliki masalah gigi dan kulit tertentu juga harus mempertimbangkan kembali jika ingin mendaftar. Walau begitu, mereka yang memiliki gigi gingsul, bekas luka atau tanda lahir samar atau yang tertutup pakaian masih bisa mendaftar.
  11. Berkarakter ramah, berkelakuan baik, dan berkelakuan menarik
  12. Mampu berbahasa Inggris
  13. Berpendidikan minimal SMA atau sederajat

Selanjutnya, pelamar juga harus memenuhi persyaratan berkas yang diantaranya berupa CV, berbagai surat keterangan, fotokopi info diri, dan pas foto terbaru. Beberapa contoh berkas yang penting disertakan pada  berkas pendaftaran pramugari adalah sk belum menikah, sk dari dokter mata, sk sehat, skck, akta kelahiran, ijazah terakhir, KK, dan sebagainya.

Pada umumnya, perusahaan yang membuka lowongan menentukan batas waktu berlaku. Karena itu, pastikan Anda memasukkan lamaran sesuai dengan tanggal pada informasi pendaftaran pramugari yang disampaikan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info Seputar Pendaftaran Pramugari"

Post a Comment