Analis Keimigrasian Pertama Gaji dan Tunjangannya

Analis Keimigrasian Pertama Gaji dan Tunjangannya

Tahun ini Kemenhumkam membuka lowongan CPNS. Formasi yang paling banyak dibuka adalah sipir penjara yakni sekitar 14.000 formasi dan penempatannya di seluruh Indonesia. Salah satu formasi yang dibutuhkan oleh Kementrian Hukum dan HAM adalah posisi analis keimigrasian pertama. Analis keimigrasian berada di bawah langsung oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Pendaftaran formasi CPNS 2017 tersebut masih dibuka hingga saat ini apabila ada yang berminat.

Lowongan CPNS Analis Keimigrasian Pertama

Semenjak era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, moratorium PNS dilakukan hingga sekarang. Dulunya, Badan Kepegawaian Negara atau BKN setiap tahun pasti membuka lowongan CPNS, tetapi saat ini diberlakukan moratorium dan hanya beberapa kementrian/lembaga saja yang membuka lowongan CPNS. Seperti di tahun ini 2017, hanya dua lembaga saja yang membuka formasi CPNS yakni Mahkamah Agung dan Kemenhumkam. MA banyak membutuhkan hakim karena merasa kekurangan posisi tersebut. Kemudian untuk Kemenhumkam, posisi yang harus diisi adalah sipir penjara, pemeriksa keimigrasian terampil dan analis keimigrasian pertama.

Untuk posisi analis keimigrasian pertama, Kemenhumkam membutuhkan 2.049 formasi. Formasi tersebut juga dibagi untuk beberapa kategori seperti CPNS dengan nilai cumlaude sebanyak 229 orang dan untuk formasi pria sejumlah 1.799 orang dan wanita 250 orang. Jadi untuk posisi ini sudah ada kategorinya, berbeda dengan posisi sipir penjara yang tidak ada criteria tertentu. Jadi, semua masyarakat umum yang kualifikasinya memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri.

Kemudian untuk kualifikasi atau persyaratan mendaftar CPNS petugas analis keimigrasian pertama minimal adalah S1 atau sarjana, bukan diploma. Berbeda dengan petugas pemeriksa keimigrasian terampil, minimal ijazah atau pendidikan terakhir adalah diploma atau D3. Khusus untuk posisi analis keimigrasian tersebut, pendidikan terakhir S1 jurusan hukum atau jurusan sosial, ekonomi/akuntansi, sastra bahasa asing, ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, teknik komputer dan komunikasi.

Bagi yang berminat ingin mencoba CPNS 2017 posisi tersebut, kualifikasi pendidikan harus sesuai dengan jurusan di atas. Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lanjut tentang tata cara pendaftaran, persyaratan khusus, dokumen apa saja yang wajib disertakan atau pun kapan tanggal pendaftarannya bisa membuka di website BKN. Berbicara tentang gaji PNS memang berbeda-beda antara golongan I sampai dengan golongan IV. Untuk posisi analis keimigrasian ini, tidak hanya gaji pokok saja yang akan diberikan tetapi banyak tunjangan yang akan didapat. Tunjangan yang diberikan antara lain adalah tunjangan istri/suami apabila sudah menikah, tunjangan anak, tunjangan beras, tunjangan fungsional, uang makan dan tunjangan kerja.

Apabila gaji pokok ditambahkan dengan tunjangan-tunjangan tersebut, seorang pegawai analis keimigrasian akan memperoleh gaji sebesar 7 jutaan per bulan, itu bagi yang belum menikah dan belum mempunyai anak. Bagi yang sudah menikah, gaji per bulannya sekitar 8 juta. Tentu ini merupakan sebuah nilai yang banyak bagi seorang PNS. Tak heran jika tahun ini banyak yang ingin mendaftarkan untuk mengisi posisi tersebut. Lalu apa sebenarnya tugas utama dari seorang petugas analis keimigrasian itu? Tugas utamanya adalah mengidentifikasi dan menelaah secara objektif serta sistematis pada lalu lintas keluar masuknya orang di wilayah Indonesia.

Tugasnya seperti memeriksa dokumen utamanya dokumen keimigrasian, pengendalian rumah detensi imigrasi, pengawasan atau intelijen, lintas batas dan kerja sama luar negeri, pengelolaan informasi keimigrasian, penindakan dan penyidikan keimigrasian. Jadi kesimpulannya adalah tugasnya yang berhubungan dengan masalah keimigrasian. Lalu untuk CPNS 2017 ini, alokasi dan penempatan kerjanya tidak harus sesuai dengan KTP domisili pelamar. Mengapa? Karena banyak provinsi lain yang banyak membutuhkan posisi tersebut untuk diisi. Sebagai contoh Jakarta, Jakarta membutuhkan 616 formasi yang akan ditempatkan di kantor imigrasi Soekarno-Hatta.

Kemudian di urutan kedua ada Bali dengan 229 formasi yang akan ditempatkan di kantor imigrasi Ngurah Rai, posisi ketiga adalah Kepulauan Riau dengan 206 formasi, Jawa Timur 198 formasi, Sumatera Utara 189 formasi, Kalimantan Barat 75 formasi, Riau 65 formasi, Nusa Tenggara Barat 57 formasi, Jawa Barat 51 formasi, Nangroe Aceh Darussalam 51 formasi dan DIY sebanyak 8 formasi. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang CPNS 2017 analis keimigrasian pertama bisa dilihat di website resmi BKN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analis Keimigrasian Pertama Gaji dan Tunjangannya"

Post a Comment