Cara Login Guru Pembelajar Online

Bagaimana Cara Login Guru Pembelajar Online

Guru bukan hanya mengajar siswa menjadi lebih pintar, namun mendidiknya hingga menjadi pribadi yang berkualitas. Kehadiran seorang guru sangatlah penting. Sebab, dari merekalah para siswa memperoleh ilmu dan pengajaran. Saat ini Pemerintah memiliki program Guru Pembelajar yang dilakukan secara online. Terdapat banyak macam manfaat dari adanya program ini diantaranya guru menjadi lebih interaktif, mandiri, dan solutif. Selain itu, pengetahuan guru pun bisa menjadi lebih baik. Lalu, bagaimana cara login Guru Pembelajar online? Jika Anda sedang mencari cara untuk login, silakan simak baik-baik.

Begini Cara Mudah Login Guru Pembelajar Online

Sebelum mengetahui cara login Guru Pembelajar online, sebaiknya Anda ketahui keistimewaan dari sistem pembelajaran ini. Guru Pembelajar diberlakukan sebagai hasil dari GTK. Pembelajaran ini dilakukan secara online sehingga dapat menghemat waktu yang dimiliki para guru. Tak dipungkiri, guru-guru mempunyai kesibukan yang luar biasa. Dengan sistem online yang diberikan, hal ini tentu tidak memberatkan semua pihak. Waktunya sangat fleksibel dan takkan berbenturan dengan kegiatan mengajar di sekolah. Tak hanya itu, guru yang berperan sebagai peserta dalam pembelajaran ini bisa bertanya pada pihak pengajar tanpa batasan apapun secara online. Tujuan diadakannya sistem  belajar secara online ini adalah memberikan kesempatan para guru untuk meningkatkan kualitas diri mereka.

Nah, untuk mengerti cara login Guru Pembelajar online, Anda harus membuat akun terlebih dahulu baru bisa login di laman Guru Pembelajar. Langkah pertama ialah masuk ke halaman resmi Guru Pembelajar Online yaitu https://paspor.simpkb.id. Di website tersebut, Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu akun Anda. Klik bagian Registrasi Akun yang berwarna merah. Selanjutnya, input Nomor Peserta UKG yang Anda miliki. Selain itu, Anda akan diminta mengisikan tanggal lahir Anda.

Apabila akun telah berhasil didaftarkan, maka Anda bisa mengedit informasi mulai dari foto profil hingga melihat bagaimana hasil dari UKG 2015. Para peserta juga bisa mengganti password apabila kurang berkenan dengan password yang sekarang digunakan. Apabila calon peserta tidak berhasil melakukan pendaftaran akun Guru Pembelajar Online, langsung menghubungi pihak Dinas Pendidikan setempat.

Kini akun yang telah berhasil didaftarkan bisa langsung Anda gunakan untuk login. Cara login Guru Pembelajar online tidak sesulit yang dibayangkan. Pertama, Anda harus login menggunakan username Anda. Selain itu, Anda akan diminta menuliskan password yang telah Anda gunakan. Anda tak perlu khawatir dengan hal ini karena akan ada surat pemberitahuan yang Anda peroleh yang berisi username beserta password untuk login ke lama Guru Pembelajar. Jika username dan password yang diisikan benar, maka Anda bisa langsung mengakses Guru Pembelajar online ini. Ada beberapa pilihan menu yang tersedia yaitu Profilku, Beranda, Anggota Komunitasku, dan Riwayat Pelatihanku. Jika telah menemukan beberapa pilihan menu ini, Anda telah berhasil masuk ke laman Guru Pembelajar.

Untuk aktivitas yang bisa dilakukan ada banyak. Anda bisa mengikuti kelas secara online untuk mendapatkan pengetahuan dan pendidikan tambahan guna meningkatkan kualitas diri. Para guru yang diwajibkan untuk belajar dengan sistem seperti ini berperan sebagai Peserta. Sementara itu, ada beberapa pengguna lain dari laman ini yakni Mentor yang bertugas memberikan materi-materi terkini untuk para peserta. Bahkan terdapat PTP atau Pengembang Teknologi Pembelajaran.

Setelah tahu cara login Guru Pembelajar online, Anda harus melengkapi data pribadi terlebih dahulu. Caranya mudah, yaitu setelah berhasil login, lihat bagian pojok kanan atas. Akan ada nama Anda. Klik nama Anda dan akan muncul beberapa pilihan seperti Rumah Saya, Tampilkan Profil, Ubah Profil, Nilai, dan Kalender. Untuk melengkapi data profil, klik Ubah Profil. Selanjutnya klik Umum dan ubahlah atau isilah kolom data yang diminta. Step terakhir untuk memperbarui data terbaru Anda adalah dengan mengklik Perbaharui Profil.

Belajar secara online dengan Guru Pembelajar sangat praktis dan menyenangkan. Para Peserta bisa ikut berdiskusi di dalam forum ataupun via chatting.  Di saat tertentu, Anda juga bisa menjawab soal yang diberikan sekaligus ikut serta dalam evaluasi yang diadakan. Bahkan Anda pun disediakan lembar kerja yang bisa Anda unduh di laman ini. Bacaan pun cukup banyak dan bisa dibaca dengan syarat ada koneksi internet yang tersambungkan. Lembar kerja ini bisa Anda unggah ketika jawaban telah selesai Anda kerjakan. Tak hanya tahu cara login Guru Pembelajar online, Anda perlu mengetahui bahwa peserta tak hanya belajar namun terdapat kuisioner dan tes sumatif dan tes akhir.

Peserta yang akan login untuk menggunakan layanan ini akan diberikan materi yang berkualitas dengan tipe soal yang tak membosankan. Adanya soal berupa quiz yang diberikan bertujuan agar peserta dapat diketahui tingkat pemahamannya setelah belajar. Selain mempelajari bahan ajar secara online, Anda juga mengerjakan quiz secara online. Soal diberikan satu per satu dan Anda bisa kembali ke halaman pertama dengan menggunakan tombol navigasi yang tersedia di bawahnya.

Cara login Guru Pembelajar online tidak sulit. Meskipun demikian dibutuhkan beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum login. Pertama, Anda telah mengikuti UKG 2015. Selain itu, calon peserta telah menjadi anggota aktif GTK baik tingkat TK,KKG atau MGMP. Terakhir, yang tak kalah penting adalah Anda harus memiliki perangkat yang dibutuhkan yang memadai seperti laptop yang tersambung internet serta skill menjalankan komputer yang baik. Keahlian dalam mengoperasikan komputer atau internet ini sangat penting karena tanpanya, sistem pembelajaran akan sulit terlaksana.

Belajar dengan mode daring ini sangat praktis dan cukup banyak membantu. Betapa tidak? Setelah mengerjakan quiz yang diberikan, akan ada feedback yang diberikan. Feedback yang diberikan ini merupakan pernyataan yang membahas mengenai soal yang diberikan. Apabila jawaban yang diberikan benar, maka warnanya biru. Feedback ini terletak di bagian bawah jawaban Anda setelah membaca feedback tersebut, Anda boleh melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya.

Meskipun Anda telah mengetahui secara pasti cara login Guru Pembelajar online, Anda harus tahu cara mengisi quiz yang benar. Seluruh quiz yang diberikan harus dijawab. Sebab, akan ada peringatan yang mengatakan jika jawaban belum ada. Anda diwajibkan untuk menjawab, jadi usahakan menjawab seluruh pertanyaan atau quiz yang Anda sedang kerjakan. Dengan begitu, proses pembelajaran bisa tercapai. Quiz yang dapat dikerjakan tak hanya satu. Anda bisa melanjutkan ke sesi yang lain apabila telah menyelesaikan satu sesi. Pastikan sebelum menuju sesi berikutnya, Anda telah belajar materi yang diajarkan.

Nah, itulah cara paling mudah yang harus Anda ketahui tentang Guru Pembelajar. Sebenarnya, cara login ini tak terlalu susah. Namun, memerlukan tips agar berhasil login dengan sempurna. Tak hanya login, sebaiknya pelajari cara untuk mengaplikasikannya. Semoga info mengenai cara login Guru Pembelajar online ini dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Login Guru Pembelajar Online"

Post a Comment