Pendaftaran Online STIS 2017/2018

Pendaftaran Online STIS 2017/2018

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau yang disingkat STIS adalah lembaga pendidikan kedinasan yang berada dibawah Badan Pusat Statistik RI. Sekolah tinggi ini mengalami peningkatan dengan status awal Akademi Ilmu Statistik. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menyelenggarakan program Diploma tiga atau D3 yang akan ditempuh selama tiga tahun, serta program Diploma empat atau D4 yang akan ditempuh selama empat tahun.

Ada tiga jenis program studi yang ditawarkan kepada calon mahasiswa antara lain DIII Statistika, DIV Statistika, dan DIV Komputasi Statistik. Untuk program studi statistika sendiri memiliki dua peminatan yakni dalam bidang sosial kependudukan dan bidang ekonomi. Kurikulum disusun berdasarkan perkembangan ilmu sosial, ekonomi, teknologi, dan kependudukan. Gelar yang akan disandang oleh lulusan STIS adalah ahli madya untuk program D3 dan sarjana terapan untuk program D4.

Prosedur Mahasiswa Ikatan Dinas

Sekolah tinggi tersebut menawarkan dua jenis status kemahasiswaan kepada calon mahasiswanya. Yang pertama adalah mahasiswa ID atau Ikatan Dinas. Status kemahasiswaan ini diperuntukkan bagi lulusan dari jenjang SMA/MA yang mampu memenuhi segala persyaratan. Calon pesertanya harus melakukan pendaftaran dan seluruh proses seleksi sebelum direkrut menjadi mahasiswa baru. Seleksi penerimaan akan dilaksanakan setiap tahun. Selama menempuh studi, mahasiswa ID akan dibebaskan dari biaya pendidikan serta mendapatkan tunjangan atau uang saku sesuai peraturan dengan adanya ikatan dinas.

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Mahasiswa ID

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seluruh calon mahasiswa Ikatan Dinas.

  1. Sehat jasmani rohani, bebas narkoba, dan tidak buta warna.
  2. Calon Peserta Program D3/Diploma tiga merupakan siswa SMA/MA yang pada tahun pelajaran 2016/2017 berada di kelas XII jurusan  IPS/IPA, atau siswa yang sudah lulus sesuai ketentuan tersebut sebelum memasuki tahun pelajaran 2016/2017 dan per tanggal 1 Oktober 2017 usia maksimal 22 tahun. Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika masing-masing tidak lebih rendah dari B atau 7,00 pada rapor semester satu kelas XII. Program D3 ini dikhususkan bagi pendaftar dengan domisili Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Riau serta Bangka Belitung.
  3. Calon Peserta STIS Program D4/Diploma empat merupakan siswa SMA/MA yang pada tahun pelajaran 2016/2017 berada di kelas XII jurusan IPA, atau siswa yang sudah lulus sesuai ketentuan tersebut sebelum memasuki tahun pelajaran 2016/2017 dan per tanggal 1 Oktober 2017 usia maksimal 22 tahun. Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika masing-masing tidak lebih rendah dari B atau 7,00 pada rapor semester satu kelas XII.
  4. Telah lulus UN serta memiliki ijazah jika sudah diterbitkan atau ijazah sementara berupa Surat Keterangan Lulus.
  5. Calon peserta tidak sedang dalam keadaan menjalankan ikatan kedinasan dengan lembaga lain.
  6. Status pernikahan adalah belum menikah dan selama masih menjadi mahasiswa bersedia untuk tidak menikah sampai pengangkatan PNS.
  7. Bagi calon peserta yang lulus seleksi harus bersedia menandatangani SPID atau Surat Perjanjian Ikatan Dinas dan mengikuti proses pendidikan dengan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku. Setelah menyelesaikan pendidikannya dan lulus harus bersedia untuk ditempatkan pada unit kerja BPS yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, sesuai penempatan, sampai tingkat kota/kabupaten.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website Panitia Seleksi Nasional Kemenpan. Isilah data pendaftaran online pada aplikasi SPMB STIS. Password dan NIK yang diisikan sama persis dengan pendaftaran online pada website. Calon peserta mendapatkan kode pembayaran dan nomor pendaftaran. Kode pembayaran tersebut digunakan calon peserta untuk melakukan pembayaran biaya seleksi sebesar 300 ribu rupiah sebelum batas terakhir pembayaran ditutup dan dibayarkan melalui Bank Mandiri atau BRI. Kemudian, calon peserta membuka website resmi STIS dan mencetak KTPUM yang tersedia, lalu mengikuti petunjuk pada kartu tersebut.

Lokasi dan Jenis Ujian

Untuk lokasi ujian, calon peserta program D4 diberi kebebasan untuk bisa memilih sendiri lokasi ujian yang diinginkan, tersebar di 33 provinsi yang ada di Indonesia. Calon peserta bisa mengikuti ujian dimanapun, tidak harus sesuai dengan tempat menyelesaikan pendidikan jenjang sebelumnya maupun tempat tinggal yang bersangkutan. Selain itu, ada empat jenis ujian yang harus dilewati. Tahap satu adalah tes tulis Bahasa Inggris dan Matematika. Tahap dua adalah TKD atau tes kemampuan dasar. Tahap tiga merupakan tes psikotes, sedangkan tahap empat adalah tes kesehatan calon peserta.

Informasi Lain-Lain

Selain informasi penting di atas, ada beberapa informasi lainnya yang perlu diketahui. Yang pertama, hasil ujian pada setiap tahap ujian akan diumumkan di kantor Badan Pusat Statistik provinsi, website, dan kampus STIS sesuai jadwal. Kedua, pemberkasan bagi calon peserta yang lulus semua tahapan seleksi adalah dengan menyerahkan salinan rapor semester satu kelas XII, Surat Perjanjian SPID bermaterai dan bertandatangan, dan ijazah asli.

Adapun informasi perubahan ketentuan terkait pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru bisa dilihat di kantor BPS tingkat provinsi, website, dan kampus STIS. Terakhir, alamat pantia PMB pusat berada di Jl. Otto Iskandar Dinata 64C Jakarta Timur, Kode Pos 13330 dengan nomor telepon: (021) 8191437, 8508812. Sementara itu, alamat panitia PMB daerah berada di seluruh kantor Badan Pusat Statistik di Indonesia, sedangkan provinsi DKI Jakarta panitia PMB daerahnya adalah Kampus STIS langsung.

Prosedur Mahasiswa Tugas Belajar

Status kemahasiswaan yang kedua adalah mahasiswa TB atau Tugas belajar. Mahasiswa ini merupakan para pegawai Badan Pusat Statistik, Kementrian, TNI/POLRI, BUMN/BUMD, serta beberapa Badan Pemerintah atau swasta lainnya dan mahasiswa asing dengan tugas dari negara atau instansinya untuk menempuh pendidikan di sekolah tinggi ini. Biaya pendidikan mahasiswa TB akan ditanggung oleh lembaga yang memberi mereka tugas belajar.

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Mahasiswa TB

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa TB memiliki sedikit perbedaan dengan mahasiswa ID.

  1. Sehat jasmani rohani, bebas narkoba, tidak buta warna, dan merupakan lulusan dari jurusan IPA jenjang SMA/MA atau lulusan program D1 STIS. Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika masing-masing tidak lebih rendah dari B atau 7,00 pada rapor semester satu kelas XII. Untuk mata pelajaran afektif dan kognitif, maka nilai kognitif adalah yang akan dilihat. Apabila keduanya tidak ada pada semester satu kelas XII, maka yang akan dilihat adalah nilai semester paling akhir setelah selesainya kedua mata pelajaran afektif dan kognitif.
  2. Calon peserta mempunyai status sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil, anggota POLRI/TNI, atau pegawai tetap BUMN/BUMD, serta telah mendapatkan tugas resmi dari lembaga yang bersangkutan untuk menempuh proses pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik berdasarkan surat kerja sama lembaga dengan BPS/STIS.
  3. Umur calon peserta maksimal 27 tahun per tanggal 1 Oktober tahun 2017 dengan syarat pada 1 Oktober 1990 atau setelahnya telah lahir.
  4. Mematuhi seluruh peraturan yang berlaku

Tata Cara Pendaftaran

Adapun tata cara pendaftarannya, calon peserta mendaftar via online di aplikasi SMPB STIS dengan mengisi semua data pendaftaran yang diminta dan memperoleh nomor pendaftaran. Lalu, calon peserta mengirimkan berkas meliputi salinan ijazah legalisir SMA/MA, salinan rapor dari legalisir SMA/MA meliputi halaman nilai dan data pribadi, surat tugas instansi, serta surat keterangan pengangkatan POLRI/TNI/PNS/BUMN/BUMD, yang kemudian dikirimkan ke kampus bagian sekretariat PMB.

Jika memenuhi persyaratan, calon peserta akan dihubungi oleh panitia via email begitu juga dengan yang belum atau tidak memenuhi persyaratan. Calon yang memenuhi syarat akan mendapatkan kode pembayaran yang digunakan untuk proses pembayaran di Bank Mandiri atau BRI sebesar 300 ribu rupiah. Setelah itu, buka website resmi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik dan cetak KTPUM. Ikuti petunjuk selanjutnya pada kartu tersebut.

Jadwal Penting Seleksi STIS 2017

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar di  STIS, Anda bisa langsung membuka situs resminya. Pendaftaran dibagi dalam beberapa sesi yang kesemuanya wajib diikuti oleh peserta. Oleh karena itu, bagi para calon mahasiswa disarankan untuk memantau jadwal seleksi mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berminat melanjutkan studi di sekolah tinggi ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Online STIS 2017/2018"

Post a Comment