Bagaimana Cara Mencari NISN di Data KEMENDIKBUD?

Bagaimana Cara Mencari NISN di Data KEMENDIKBUD?

NISN atau yang lebih dikenal dengan Nomor Induk Siswa Nasional merupakan kode pengenal yang berisi identitas siswa yang dibuat berdasarkan standar yang berlaku, disusun dengan cara yang unik, dan berlaku sepanjang masa. Dengan adanya nomor induk ini, para petugas dari dinas pendidikan dapat mengetahui apakah peserta didik yang bersangkutan menempuh jenjang studi di sekolah yang ada di dalam negeri atau siswa tersebut mengenyam pendidikan di luar negeri. Tidak hanya itu, nomor induk dari peserta didik ini dibuat secara nasional dan hanya diberikan kepada siswa yang bersekolah di sekolah atau satuan pendidikan yang terdaftar secara administratif di Kementrian Pendidikan dan Budaya atau yang memiliki NPSN.

Cara mudah mencari NISN di data resmi KEMENDIKBUD yang benar

Dengan pentingnya NISN sebagai identitas peserta didik yang tentunya diperlukan jika ingin melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan adanya Nomor Induk Siswa Nasional, diantaranya seperti:

  1. Dengan adanya pengadaan nomor induk dari peserta didik secara nasional, pihak pemerintah melalui kementrian pendidikan mampu mengidentifikasi setiap peserta didik 
  2. Dengan adanya nomor induk siswa nasional maka pelayanan online dalam setiap unit kerja di Kemendikbud mulai dari sekolah hingga Dinas Pendidikan Daerah akan semakin terpadu, terstandar, dan akuntabel karena sudah berbasis TIK.
  3. NISN juga dapat digunakan sebagai sistem pendukung dalam program yang dilakukan oleh Dapodik atau Data Pokok Pendidikan khususnya dalam setiap program pengembangan juga penerapan dari program-program Dapodik. Beberapa program yang dinaungi oleh Dapodik antara lain seperti dalam perencanaan pelaksanaan pendidikan. Tidak hanya itu, Nomor induk tersebut juga sangat berpengaruh dalam statistik pendidikan dan program pendidikan yang dilaksanakan baik dari tingkat sekolah hingga ke tingkat provinsi.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mencari nomor induk siswa nasional, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan yakni:

  1. Kunjungi situs resmi dari kemendikbud atau bisa langsung mengunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id 
  2. Pada tampilan website Anda bisa melihat di bagian kiri layar akan muncul beberapa menu yang bisa dipilih antara lain seperti Beranda, Aturan & Kebijakan, Mekanisme Penerbitan NISN, Data Siswa, Kontak Kami, dan FAQ. Klik pada menu Data Siswa
  3. Setelah masuk dalam menu tampilan Data Siswa, akan diberi dua pilihan dalam pencarian nomor induk yakni pencarian NISN dengan memasukkan nomor induk siswa dan pencarian nomor induk siswa nasional berdasarkan nama.
  4. Bagi Anda yang masih ingat dengan nomor induk siswanya, Anda bisa langsung memasukkan nomor tersebut dalam kotak pencarian. Akan tetapi, jika Anda tidak tahu nomor induknya Anda bisa menggunakan pencarian opsi kedua, yakni dengan nama. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasukkan nama lengkap. Tidak hanya itu, nantinya terdapat kotak berisi tempat dan tanggal lahir dari siswa yang bersangkutan kemudian klik cari.
  5. Saat loading selesai maka akan muncul nomor induk siswa nasional dari siswa yang bersangkutan. Selain nomor induk, data yang akan dimunculkan juga berupa tempat dan tanggal lahir serta jenis kelamin dari siswa tersebut.

Akan tetapi jika NISN dari siswa yang bersangkutan tidak muncul maka itu berarti siswa tersebut belum memiliki nomor induk secara nasional. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang belum memiliki nomor induk peserta didik nasional, Anda bisa mengajukan pengadaan. Prosesnya juga tidak rumit dan bisa dilakukan secara online. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendownload surat atau formulir pengajuan A.1. Setelah diisi kemudian diberikan kepada pihak sekolah asal agar nantinya pihak sekolah yang akan memproses semua datanya.

Tidak hanya itu, terkadang data yang tercantum dalam NISN juga ada salah dan tidak sesuai baik itu berupa kesalahan penulisan nama, tanggal lahir maupun jenis kelamin. Jika hal demikian terjadi, Anda harus mengajukan pergantian dengan formulir pengajuan nomor A.3 yang diisi secara manual kemudian diajukan kepada sekolah dimana nomor induk tersebut diterbitkan. Nantinya pihak sekolah yang akan mengirim formulir tersebut ke email kemendikbud.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Mencari NISN di Data KEMENDIKBUD?"

Post a Comment