Info Seputar CPNS Kemenko Kemaritiman 2017

Info Seputar CPNS Kemenko Kemaritiman 2017

Kementrian Koordinator Kemaritiman atau yang disingkat menjadi Kemenko Kemaritiman merupakan salah satu kementrian yang pada tahun 2017 ini membuka formasi untuk beberapa jabatan. Para pelamar formasi yang nantinya akan membantu lembaga ini yang dalam tugasnya melakukan sinkronisasi dan koordinasi penyiapan dan penyusunan kebijakan bidang kemaritiman berikut pelaksanaan dari kebijakan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi selengkapnya mengenai CPNS Kemenko Kemaritiman 2017.

Alokasi dan Formasi CPNS Kemenko Kemaritiman 2017

Pelaksanaan seleksi CPNS Kemenko Kemaritiman 2017 yang diumumkan sejak awal bulan September ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara nomor 90 tertanggal 31 Agustus 2017. Dalam hal alokasi penempatan, ada beberapa unit dalam Kemenko Kemaritiman yang akan ditempati. Beberapa diantaranya adalah Inspektorat, Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan beberapa deputi bidang koordinasi seperti Infrastruktur, Kedaulatan Kemaritiman, dan sebagainya.

Terkait alokasi formasi, ada sejumlah 40 formasi yang dibutuhkan untuk menempati 10 jabatan di Kemenko Kemaritiman. Beberapa nama jabatan tersebut misalnya Analis Kepegawaian Ahli Pertama, Auditor Ahli Pertama, Analis data & informasi, dan masih banyak lainnya. Hampir semua jabatan yang ada tersebut membutuhkan pelamar dengan kualifikasi pendidikan minimal S1. Khusus untuk Analis Kebijakan Ahli Pertama dibutuhkan formasi cumlaude sebanyak 2 orang.

Kriteria Pelamar CPNS Kemenko Kemaritiman 2017

CPNS Kemenko Kemaritiman 2017 diperuntukkan bagi pelamar yang memiliki satu dari 4 kriteria yang ditetapkan. Kriteria yang pertama adalah Cumlaude atau lulusan terbaik dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A dan program studi A. Kriteria pertama ini dibuktikan dengan menyertakan ijazah atau transkrip nilai yang menyatakan bahwa pelamar lulus dengan predikat cumlaude. Kriteria berikutnya adalah disabilitas. Pelamar disabilitas atau berkebutuhan khusus dapat melamar dengan kriteria mampu melaksanakan tugas seperti berdiskusi, menganalisa, menyampaikan pikiran, dan mengetik. Untuk pelamar dari Putra/Putri Papua diharuskan telah menamatkan pendidikan di wilayah Papua atau memiliki garis keturunan bapak asli Papua. Sementara itu, pelamar umum memiliki keterangan di luar ketiga kelompok sebelumnya dan merupakan lulusan dari perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B.

Persyaratan dan Prosedur CPNS Kemenko Kemaritiman 2017

Panitia CPNS Kemenko Kemaritiman 2017 dalam pelaksanaannya menetapkan beberapa persyaratan bagi putra-putri bangsa yang tertarik untuk melamar. Ada sekitar 10 persyaratan yang perlu diperhatikan oleh para pelamar. Beberapa diantaranya adalah WNI, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/prajurit TNI/Polri/siswa sekolah yang berikatan dinas dengan pemerintah, dan sebagainya. Satu hal yang juga penting adalah memenuhi kualifikasi pendidikan sebagaimana jabatan yang dilamar.

Apabila merasa memenuhi 10 persyaratan yang diajukan, selanjutnya pelamar bisa melengkapi dokumen persyaratan yang nantinya perlu diunggah di laman resmi pendaftaran cpns. Selain dokumen pribadi yang harus discan, ada pula beberapa dokumen yang form-nya harus diunduh terlebih dahulu dari portal resminya. Setelah bisa dilengkapi, barulah pendaftar bisa membuka situs resmi pendaftaran dan mengunggah soft file yang diminta. Untuk masuk dan mengunggah berkas file pendaftaran, Nomor Induk Kependudukan (NIK) perlu dipersiapkan. Perlu dicamkan pula bahwa proses pendaftaran online ini memiliki batas waktu. Karena itu, jika tertarik untuk melamar di lembaga ini, cek tanggal mulai dan berakhirnya pendaftaran. Setelah mengirimkan berkas, dalam jangka waktu yang ditetapkan, peserta akan menerima pemberitahuan lolos/tidaknya ia dalam seleksi administrasi. Apabila lolos, peserta diwajibkan untuk mencetak kartu peserta ujian.

Seleksi dan  Lain-lain Dalam Pendaftaran CPNS Kemenko Kemaritiman 2017

Selain mengetahui beberapa poin di atas, peminat pendaftaran CPNS Kemenko Kemaritiman 2017 juga perlu mengetahui berbagai tahapan seleksi yang harus dilalui. Untuk lembaga ini, ada 3 tahapan seleksi yang harus ditempuh oleh pelamar dari kelompok S1 maupun S2. Tahapan yang pertama adalah seleksi administrasi. Seperti yang umumnya diketahui, tahapan seleksi yang pertama ini merupakan verifikasi berkas berdasarkan data yang telah diunggah pada portal resmi.

Apabila dalam pengumuman di laman resmi pendaftaran cpns dinyatakan lolos, selanjutnya ia perlu mencetak kartu peserta ujian untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar. Seleksi yang memiliki bobot 40% ini dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test. Jika memenuhi passing grade sebagaimana ketentuan peraturan Menpan, peserta perlu mengikuti seleksi kompetensi bidang. Dalam tahapan seleksi yang terakhir ini, ada 3 tes yang perlu dilalui, yaitu Tes Kompetensi Bidang Tugas, Psikotest, dan Wawancara. Peserta yang memiliki hasil integrasi SKD dan SKB terbaik dinyatakan lolos CPNS Kemenko Kemaritiman 2017. Namun, nantinya masih ada pemeriksaan kesehatan untuk para peserta yang lolos. Dari sini, kelulusan peserta bisa digugurkan.

Demikian beberapa gambaran seputar CPNS Kemenko Kemaritiman 2017 yang bisa Anda ketahui. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci seperti mengenai tempat pelaksaan dan hal-hal lainnya, Anda bisa melihatnya di pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh lembaga terkait.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Info Seputar CPNS Kemenko Kemaritiman 2017"

  1. Untuk melihat tgl brapa tepatnya kita ujian SKD nya
    Tolong info dong min

    ReplyDelete