Usaha Sampingan yang Dapat Dicoba oleh Guru

Usaha Sampingan yang Dapat Dicoba oleh Guru
By Midori (Own work) [GFDL or CC BY 3.0], via Wikimedia Commons

Telah banyak guru yang memiliki usaha sampingan di rumah sebagai tambahan penghasilan untuk keluarganya. Mengingat gaji guru saat ini yang tidak seberapa dan tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Seperti ibu satu ini Fahdia Ilham berumur 58 tahun, selain berprofesi sebagai guru bahasa inggris di SMP Payakumbuh, beliau juga menjalani usaha keluarganya yaitu olahan rendang. Usaha rendang dijalani semenjak tahun 2002. Saat itu, beliau mengaku kepepet untuk membiayai kuliah anak pertama. Lalu, beliau mulai berpikir untuk membuka usaha yaitu berjualan rendang. Jenis rendang tumbuak adalah rendang pertama yang dijual oleh beliau. Tumbuak adalah jenis rendang yang terbuat dari daging sapi halus, kemudian dibentuk-bentuk menyerupai bakso. Beliau tidak mengetahui cara pemasaran yang baik. Sehingga dalam menjual rendang, beliau hanya menggunakan promosi dari satu mulut ke  mulut.

Perkembangan usaha yang semakin pesat

Usaha sampingan milik Ibu Fahdia semakin berkembang cukup pesat dari waktu ke waktu. Hingga pada tahun 2004, beliau sudah menjual produk olahan rendang tersebut menggunakan kemasan yang menarik. Bukan hanya itu saja, jenis olahan rendang juga dibuat bervariasi. Beliau memberi merek rendangnya “Nikmat Dia”. Sekarang ini, beberapa produk telah dapat ditemukan pada beberapa toko di Sumatera Barat. Bisnis rendang milik Ibu Fahdia ini semakin populer dan disukai banyak orang. Bahkan banyak wisatawan dari dalam negeri maupun luar, membeli produk rendang Ibu Fahdia sebagai buah tangan. Tidak disangka usaha yang kepepet karena kondisi ekonomi tersebut bisa maju melalui tangan cekatan beliau.

Penghasilan yang diperoleh puluhan hingga ratusan juta

Ibu Fahdia telah memiliki beberapa toko oleh-oleh miliknya sendiri yaitu balai Nan Duo di Payakumbuh, Sumatera Barat. Selama sebulan, usaha sampingan milik beliau dapat menghasilkan uang Rp 60 sampai 70 jutaan. Fantastis bukan? Apalagi saat musim liburan, beliau bisa memperoleh hingga ratusan juta. Melihat dari kondisi tersebut, bisnis rumahan sangat cocok dijalani sambil tetap mengabdi dalam dunia pendidikan. Tertarik untuk mencoba, Anda bisa mencontoh usaha Ibu Fahdia ini sebagai seorang guru sekaligus pengusaha.

Berkat bantuan dari pemerintah

Usaha sampingan guru bahasa inggris ini bisa sukses berkat bantuan dari dinas setempat. Beliau bisa mengembangkan usahanya karena mendapatkan pinjaman untuk modal yang berbunga rendah. Beliau memanfaatkan kesempatan pinjaman tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga bisa sukses dalam usahanya. Tentu selalu diimbangi dengan usaha tiada henti dan sikap pantang menyerah.

Untuk lebih mengenalkan produknya ke masyarakat, beliau mengikut sertakan produknya dalam PPED (Pameran Produk Ekspor Daerah) yang ke-22 di JEC (Jogja Expo Center). Acara tersebut diselenggarakan Kementerian Perdagangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Pemerintah Sumatera Barat menyajikan olahan kemasan dalam stannya seperti rendang daging, rendang telur, rendang suir atau runtiah, rendang paru, keripik balado dan berbagai makanan khas daerah lainnya.

Selain bidang usaha yang telah disampaikan, Anda dapat mencoba jenis bisnis lain sebagai usaha sampingan. Sehingga dapat memperoleh tambahan penghasilan. Usaha rumahan biasa dicoba oleh para guru yang ingin menambah penghasilan untuk membiayai keluarganya. Apabila ingin membuka usaha, sebaiknya sesuaikan dengan kegemaran dan keahlian Anda. Karena dalam dunia bisnis membutuhkan keuletan dan kesabaran. Kesuksesan juga hanya dapat dicapai melalui proses panjang seperti yang telah dilalui oleh Ibu Fahdia.

Usaha sampingan bisa dirintis dari bisnis yang kecil-kecilan. Seperti yang dijalani oleh Ibu Fahdia. Meskipun, beliau berprofesi sebagai guru SMP, namun tetap dapat membangun usaha keluarganya. Usaha juga dijalani tidak langsung besar, akan tetapi bisnis rumahan yang masih sederhana. Bisnis keluarga tersebut bisa berkembang pesat dari waktu ke waktu berkat kerja keras dan bantuan dari pemerintah. Pemerintah telah memudahkan pengusaha dalam meminjam modal yaitu dengan bunga rendah. Sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran dan kerisauan diantara para pengusaha.

Anda adalah seorang guru yang berpenghasilan pas-pasan, tak perlu khawatir. Anda bisa mencoba membuka usaha seperti yang telah dijalani seorang ibu guru bahasa inggris dari payakumbuh seperti pada cerita di atas. Dalam menjalani bisnis sampingan memang tidak mudah. Namun yakin dan percaya lah bahwa Anda bisa menjalaninya dengan baik. Kesuksesan hanyalah milik Anda yang mau mencoba untuk konsisten berusaha serta tidak lupa berdoa pada Yang Maha Kuasa.

Demikian tadi bisnis sampingan yang bisa dijalani oleh seorang guru. Terkadang dalam kondisi yang kepepet atau pun mendesak, seseorang harus dituntut untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, tetaplah berbuat positif dalam hidup Anda. Jangan sampai karena kondisi yang memprihatinkan Anda berbuat hal negatif. Banyak sekali usaha sampingan yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan. Semua tergantung dari Anda mau mencoba atau tidak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usaha Sampingan yang Dapat Dicoba oleh Guru"

Post a Comment