Gaji PNS 2018 Golongan 4 Mengalami Kenaikan

Gaji PNS 2018 Golongan 4 Mengalami Kenaikan

Berprofesi sebagai PNS merupakan pilihan bagi sejumlah besar masyarakat yang ada di Indonesia. Disamping mendapatkan gaji serta tunjangan, beban kerja juga tidaklah berat. Dari segi tunjangan sudah sangat menggiurkan, apalagi mendapatkan dana pensiun di hari tua dengan nominal yang menjanjikan. Itulah sejumlah alasan mengapa banyak orang di Indonesia memilih jadi PNS. Hampir setiap tahun, gaji dari PNS selalu mengalami kenaikan. Hal ini juga terjadi pada gaji PNS 2018 golongan 4.

Sesuai dengan undang-undang yang membahas mengenai ASN, gaji dari seorang PNS terbagi menjadi tiga bagian. Gaji PNS 2018 golongan 4 terdiri dari tunjangan kemahalan dan gaji pokok yang ditambah dengan tunjangan kinerja. Persoalan ini sudah jadi tugas dan dikaji oleh kementrian PAN-RB. Pihak kementrian inilah yang melakukan konsultasi dengan Kemenkumham sebagai upaya proses penyusunan peraturan pemerintah yang membahas tentang gaji dan tunjangan untuk PNS. Di samping itu, ada cara atau metode dalam penghitungan gaji yang diterima oleh PNS.

Pihak Kementrian Dalam Negeri, yaitu bagian SDM inilah yang kemudian mempunyai sebuah tugas dalam pembuatan rumusan tentang upah untuk PNS. Keputusan tentang upah tersebut kemudian selalu mengalami perbaikan dan pengkajian. Seiring dengan adanya peraturan mengenai perubahan dari upah yang diterima oleh PNS, biasanya diumumkan dan dikeluarkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak pemerintah. Wakil dari pemerintah yang memberikan kontribusi mengenai pembahasan tentang adanya kenaikan upah terdiri dari beberapa kementrian. Mereka adalah Kementrian Keuangan, Kemenkumham, dan Kementrian PAN-RB. Pihak-pihak tersebut kemudian memberikan usulan kepada presiden.

Kebijakan mengenai upah dari PNS tadi sudah selayaknya transparan serta tidak berbelit supaya dana yang nantinya diajukan bisa tepat dan benar. Adanya rancangan tentang perubahan dari gaji PNS 2018 golongan 4, kemudian dikaji oleh pihak presiden sebagai kepala pemerintahan. Bila presiden memberikan persetujuan atas rancangan ini, maka akan mendapatkan tanda tangan serta berlaku dengan sah. Hal ini dibarengi dengan adanya PP atau peraturan pemerintah.

Gaji PNS 2018 Golongan 4
Daftar Gaji PNS 2018 Golongan IV

Dilihat dari besarnya APBN, maka besar anggaran terkait dengan belanja negara mempunyai prosentase hampir  mencapai angka 40% dari jumlah total dana. Angka ini termasuk tinggi sebab hampir mencapai setengah bagian. Sehingga, bila pemangkasan dari dana untuk belanja pegawai bisa dilakukan serta dialihkan untuk pengembangan dan pembangunan dari infrastruktur publik bisa mendatangkan manfaat lebih untuk masyarakat. Dengan demikian, pihak pemerintah bisa melakukan kajian dan pengecekan apakah gaji PNS 2018 golongan 4 akan memberatkan pengeluaran dari negara atau tidak. Oleh karena itu, perlu ada kajian dalam hal mengecek adanya kenaikan gaji dari PNS apakah juga bisa meningkatkan kinerja mereka dalam hal melayani publik. Meskipun angka yang terlampau besar tersebut sangatlah wajar karena Indonesia mempunyai jumlah PNS cukup banyak pula.
Baca juga: Daftar Gaji Pokok PNS 2018 Berdasarkan Golongan
Besarnya APBN 2017, bisa dijadikan patokan oleh pemerintah terkait dengan penentuan kebijakan mengenai pengeluaran anggaran. Sebab pada tahun 2016, jumlah total dari APBN lebih dari Rp. 2.095 triliun. Sehingga, efisiensi dari belanja negara memang perlu untuk dilakukan supaya pengeluaran dari belanja negara akan lebih banyak dikhususkan pada sektor lain yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Pada APBN 2017, besar belanja kementrian serta lembaga ada di angka 30%. Gaji dari PNS masuk ke dalamnya. Sehingga, gaji PNS 2018 golongan 4 tidak akan mengalami pengurangan terkait dengan beban pada anggaran belanja milik negara. Berapapun besar anggaran untuk upah dari PNS, memang harus bisa dipastikan bermanfaat.

Gaji pokok dari seorang PNS dihitung sesuai dengan tanggung jawab, resiko, dan beban. Gaji PNS mempunyai perbandingan antara gaji paling rendah dengan yang paling tinggi adalah 1 dibanding 11,9. Sebagai contoh, bila gaji pokok dari seorang PNS adalah di angka terendah adalah 1 juta, maka gaji maksimalnya mencapai 11,9 juta. Bila dihitung dari total anggaran negara dimana dikeluarkan dalam hal belanja pegawai angkanya sangat tinggi, yaitu setiap tahun sebesar 270 triliun. Kemudian, sehubungan dengan dana pensiun sepertinya perlu kajian ulang, supaya negara tidak perlu mengalami kerugian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaji PNS 2018 Golongan 4 Mengalami Kenaikan"

Post a Comment