Biaya Naik Haji 2018 dan Info Terbarunya

Biaya Naik Haji 2018 dan Info Terbarunya

Indonesia adalah negara yang memiliki penduduk dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Tak heran jika Indonesia sering dijadikan kiblat untuk urusan fashion hijab beberapa tahun terakhir ini. Namun di sini tidak akan membahas tentang fashion hijab tetapi membahas tentang rukun Islam yang ke lima yaitu haji. Ibadah haji wajib dijalankan oleh semua umat muslim dengan catatan bagi yang mampu. Mampu di sini bukan hanya masalah materi saja tetapi juga ketetapan hati. Informasi biaya naik haji 2018 pun sudah mulai berseliweran di mana-mana, lalu apakah ada perbedaannya dengan tahun 2017?

Estimasi Biaya Naik Haji 2018

Biaya untuk naik haji itu memang tidak sedikit. Hal ini disebabkan karena jamaah harus menanggung semua akomodasi mulai dari penginapan di tanah suci, catering dan tiket pesawat serta hal lainnya. Namun biaya naik haji itu juga ditetapkan oleh pemerintah, biasanya oleh kementrian agama yang telah bekerja sama dengan pemerintah Saudi Arabia. Pembatasan kuota jamaah pun juga telah diberlakukan karena yang mengunjungi tanah suci bukan hanya dari Indonesia saja tetapi umat muslim seluruh dunia. Membahas tentang ongkos naik haji memang menarik. Di tahun 2017, pemerintah telah menetapkan biaya haji sebesar Rp 34 juta. Namun, untuk biaya naik haji 2018 pemerintah belum mengeluarkan pengumuman resminya.

Jika ada pemberitaan tentang biaya naik haji 2018 itu adalah promosi dari travel agen. Banyak travel haji dan umrah yang menawarkan harga terjangkau dan ada juga harga VIP. Namun Anda jangan langsung tergiur untuk mengambil tawaran haji umroh dengan paket harga terjangkau. Bisa jadi Anda nantinya tertipu dan tidak jadi diberangkatkan ke tanah suci. Seperti kasus  baru-baru ini yang menimpa salah satu travel agency kenamaan. Uang jamaah raib entah kemana dan puluhan ribu jamaah gagal berangkat ke tanah suci. Mereka bisa terjerumus ke dalamnya karena tergiur dengan harga paket murah. Untuk lebih amannya, pilih travel agency yang telah bekerja sama dengan pemerintah supaya terhindarkan dari penipuan.

Banyak yang mengeluhkan jika ikut travel agency yang resmi dari pemerintah, jadwal keberangkatannya tidak jelas dan harus menunggu terlalu lama. Ya, jika Anda mendaftar haji regular tanpa ONH plus, waktu tunggu Anda bisa sampai 10 hingga 15 tahun. Tentu ini merupakan waktu yang sangat lama dan Anda pun tidak akan tahu apa yang akan terjadi di tahun depan, apakah kesehatan menurun dan hal lainnya. Oleh karena itu, banyak travel agency yang menawarkan biaya naik haji 2018 plus, daftar sekarang dan bisa langsung berangkat, tak perlu menunggu lama. Namun untuk biaya haji dengan ONH plus harganya pun sangat mahal, jauh lebih mahal dibandingkan dari pemerintah yakni sekitar 34 juta.

Menggunakan ONH plus, estimasi ongkos haji 2018 dipatok harga $13.750. Biaya tersebut yang ditawarkan oleh salah satu travel agency khusus haji dan umroh plus. Untuk ONH tahun 2018, pemerintah belum mengeluarkan pengumuman resminya terkait kuota pemberangkatan dan besaran biayanya. Namun bisa diprediksi jika ONH tahun 2018 hampir sama dengan 2017. Penambahan kuota haji untuk Indonesia juga sudah dilakukan mengingat kunjungan Raja Salman beberapa waktu lalu. Salah satu agenda kunjungan ke Indonesia adalah membahas tentang kuota haji.

Karena mayoritas penduduk Indonesia itu beragama Islam, maka tak heran jika banyak jamaah yang harus menunggu lama. Pemerintah Saudi Arabia juga sudah menetapkan kuota per tahun berapa jamaah Indonesia yang bisa naik haji. Pada saat musim haji tiba, Saudi Arabia memang sangat padat dan karena itulah kuota jamaah menjadi dibatasi. Tidak semua jamaah bisa langsung berangkat ke tanah suci. Biaya haji dari tahun ke tahun memang tidak mengalami penurunan tetapi juga tidak ada kenaikan yang banyak. Mungkin jika ada kenaikan hanya sebesar 20-30% per tahunnya. Bagi yang akan mendaftarkan haji untuk tahun depan bisa menyiapkan dananya sekitar 34 juta karena pasti tidak akan ada perubahan yang signifikan. Tetapi Anda bisa menunggu keputusan pemerintah tentang biaya naik haji 2018 untuk lebih pastinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biaya Naik Haji 2018 dan Info Terbarunya"

Post a Comment