4 Langkah Cara Cek Keaslian Ijazah Online

4 Langkah Cara Cek Keaslian Ijazah Online

Salah satu kebutuhan manusia adalah menempuh pendidikan setinggi mungkin. Ijazah merupakan tanda bukti kelulusan seseorang. Namun, saat ini semakin banyak ijazah palsu atau abal-abal yang dibuat oleh beberapa orang tidak bertanggung jawab. Ijazah palsu tersebut diperoleh dengan banyak cara, misalnya, membeli ijazah, memalsukan ijazah, dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi atau Kemenristekditi menyediakan website yang berisi cara cek keaslian ijazah.

Mengecek Keaslian Ijazah di Kemenristekdikti

Telah diatur dalam pasal 263 sampai 264 KUHP mengenai larangan untuk memalsukan data otentik. Meskipun demikian, pemalsuan ijazah masih banyak dilakukan oleh beberapa pihak yang ingin mengambil keuntungan dengan cara haram. Memalsukan ijazah adalah tindak pidana yang harus dihukum. Hal ini dikarenakan dapat merugikan pihak lain, serta termasuk penyalahgunaan data. Dengan demikian, cara cek keaslian ijazah haruslah diketahui oleh semua pihak untuk memastikan keontetikan ijazah yang dimiliki.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, beberapa oknum dengan mudah memalsukan ijazah yang asli. Oleh karena itu, Kemenristekdikti menciptakan penomoran verifikasi dalam ijazah melalui sistem elektronik. Digunakannya PIN atau Penomoran Ijazah Nasional dalam setiap ijazah asli adalah cara untuk menangkal pemalsuan ijazah.

Anda sebagai pemilik ijazah wajib untuk tahu cara cek keaslian ijazah supaya dapat menghindari penipuan, kebohongan, dan pemalsuan. Sebetulnya ijazah asli dengan ijazah palsu terdapat perbedaan, untuk itu Anda harus jeli membedakan antar keduanya. Berikut ini akan diuraikan beberapa langkah cara cek keaslian ijazah, yaitu.

1. Perhatikan Kertas Ijazah
Kertas ijazah menggunakan kertas khusus yang dikeluarkan oleh perusahaan kertas negara. Kertas tersebut memiliki jenis dan warna yang khas nan berkualitas. Dalam hal ini pemerintah telah menetapkan ketentuan untuk membuat ijazah. Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri adalah lembaga resmi yang dipilih oleh pemerintah untuk menerbitkan ijazah. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa kertas yang digunakan pada ijazah palsu tentunya berbeda dengan ijazah asli.

2. Terdapat Logo dan Lambang
Logo dan lambang yang terdapat dalam ijazah asli telah menyatu dengan kertas, bukan tempelan. Logo dan lambang tersebut telah terstempel langsung dengan kertas. Sehingga, antara logo, lambang, dan kertas adalah bagian yang tidak terpisahkan. Lain halnya dengan ijazah palsu, pada ijazah palsu logo dan lambang ditempelkan sendiri di kertas. Serta, ijazah asli menggunakan hologram yang telah diatur oleh Permendiknas atau Peraturan Menteri Pendidikan Nasional.

3. Tertera Nomor Seri
Nomor seri dalam ijazah menggunakan sistem pengkodean atau terporator sesuai dengan Permendiknas. Nomor seri tersebut telah diproses melalui pemeriksaan standar nasional. Sehingga, antara ijazah asli yang satu dengan yang lainnya, memiliki perbedaan. Sama halnya dengan uang, antara lembar uang yang satu dengan lembar lainnya tidak ada persamaan nomor seri. Untuk itu, pastikan nomor seri ijazah Anda tidak ada yang menyamai.

Cara cek keaslian ijazah di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, cara ini membutuhkan ketelitian dan kejelian untuk mengetahui keaslian ijazah Anda. Apabila terasa sulit untuk memeriksa ijazah secara fisik, maka Anda dapat periksa keaslian ijazah pada SIVIL atau SIstem Verifikasi Ijazah Elektronik. Sistem ini telah dibuat oleh Kemenristekditi yang telah diintegrasikan dengan PD Dikti atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Untuk mengetahui cara cek keaslian ijazah online melalui SIVIL ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Kunjungi Website Kemenristekditi.
    Website yang harus Anda kunjungi adalah http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/ atau melalui tautan ijazah.ristekdikti.go.id
  2. Masukkan Perguruan Tinggi.
    Anda perlu memasukkan nama perguruan tinggi Anda, baik itu PTN atau PTS. Website ini dapat digunakan untuk memeriksa keaslian ijazah baik dari jenjang Diploma, Strata 1, Strata 2, maupun Strata 3.
  3. Nomor Ijazah.
    Tulis PIN atau Penomoran Ijazah Nasional.
  4. Masukkan Kode Pengaman.

Demikianlah cara cek keaslian ijazah melalui website Kemenristekdikti. Apabila telah mengikuti langkah tersebut, maka data Anda akan keluar. Data yang keluar sesuai dengan nomor ijazah yang telah dimasukkan. Akan tetapi, apabila ijazah Anda palsu, maka data tidak dapat ditampilkan. Dengan demikian, Anda perlu untuk mengkonfirmasikan dengan perguruan tinggi bersangkutan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "4 Langkah Cara Cek Keaslian Ijazah Online"

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete