Informasi Gaji PNS 2018 Golongan 2

Informasi Gaji PNS 2018 Golongan 2

Pegawai Negeri Sipil merupakan pekerjaan terhormat yang tidak semua orang bisa menikmati posisi ini. Memerlukan seleksi dan saringan berkali-kali, dengan total proses hampir 3 bulan atau bahkan lebih, untuk bisa diterima menjadi PNS. Belum lagi berbagai macam syarat yang harus dipenuhi, yang bisa jadi berbeda untuk masing-masing lowongan CPNS. PNS sendiri memiliki beberapa golongan yang dibedakan berdasarkan pendidikan terakhir yang ditempuh, dan lama Anda sudah bekerja sebagai PNS untuk golongan II ke atas. Kali ini, akan dibahas informasi terbaru mengenai gaji PNS 2018 Golongan 2.

Penjelasan Mengenai Gaji PNS 2018 Golongan 2

Menggunakan gaji sebaik-baiknya adalah suatu keharusan. Karena jika tidak, ke depannya Anda dan keluarga yang akan kesusahan. Tentu saja, besarnya gaji juga harus sesuai dengan kebutuhan dalam satu bulan. Oleh karena itu, gaji pokok PNS beserta tunjangannya sudah melewati perhitungan yang rumit dan penuh pertimbangan. Mengingat gaji PNS, bahkan gaji PNS 2018 golongan 2 mengambil dari dana APBN.

Apakah Anda tahu apa itu APBN dan dari mana asalnya? APBN adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dengan kata lain, pemasukan dan pengeluaran negara berawal dan berakhir di APBN. BUMN yang notabene merupakan perusahaan milik negara maka pendapatannya pun merupakan milik negara. Dan PNS merupakan pegawai negara atau abdi negara yang sudah mencurahkan segala ilmu, waktu dan tenaganya untuk mendukung pertumbuhan perusahaan milik negara tempat dia bekerja. Maka, tidak heran kalau gaji mereka didapat dari pendapatan perusahaan tersebut. Hanya saja, perhitungannya dilakukan oleh negara, bahkan melalui undang-undang yang berlaku.

Menurut undang-undang, gaji PNS termasuk gaji PNS 2018 golongan 2 terdiri dari tiga bagian. Tiga bagian tersebut adalah gaji pokok, dan dua tunjangan berupa tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan. Ketiganya diterima oleh PNS sebulan sekali, pengecualian untuk THR yang merupakan tunjangan khusus untuk hari raya. Semua perhitungan tersebut diatur dan ditugaskan kepada Kementrian PAN-RB. Jadi, jangan heran jika PNS menerima tunjangan yang lebih besar dibandingkan gaji pokoknya, karena memang tunjangan tersebut merupakan bayaran sebenarnya dari kinerja PNS yang mengabdi kepada negara untuk melayani rakyat.
Gaji PNS Golongan II Tahun 2018
Daftar Gaji PNS Golongan II Tahun 2018. Klik untuk perbesar.

Menjadi aparatur negara bukanlah hal yang mudah. Tugas harus diemban tanpa ada kesalahan. Misalnya, sebagai pegawai catatan sipil, penulisan nama yang salah bisa berujung kepada ketidakpuasan masyarakat akan kinerja pemerintah terutama pegawai catatan sipil. Banyak lagi kesalahan yang harusnya sama sekali tidak boleh terjadi, karena dampaknya akan meluas bahkan hingga ke hubungan negara dengan rakyatnya. Jika sudah begitu, maka perekrutan PNS haruslah dipastikan tepat sasaran.

Sasaran yang tepat adalah warna negara Indonesia yang berkemampuan, yang dibuktikan lewat tes, juga jujur dan bertanggung jawab, dibuktikan dengan adanya tes psikologi. Dan yang tidak kalah pentingnya, mau repot dan tahan menghadapi segala ujian yang diberikan. Percuma saja jika memiliki kualifikasi, namun tidak mau sekadar melakukan fotokopi KTP untuk keperluan administrasi. Maka, tidak heran kalau tes CPNS merupakan serangkaian tes yang panjang.

Meski tes dan perjalanan karir PNS tidaklah mudah, terutama untuk golongan 2, keuntungan yang didapat bisa dikatakan cukup menggiurkan. Paling tidak, selain tunjangan yang diberikan, kesejahteraan keluarga, bagi Anda yang sudah berkeluarga, akan terjamin. Karena tunjangan lain yang belum termasuk dalam gaji PNS 2018 golongan 2 adalah tunjangan untuk anak dan pasangan. Disebut pasangan karena tunjangan ini diberikan kepada pasangan baik suami atau istri PNS yang masih aktif. Sedangkan untuk tunjangan anak, selama anak dari PNS tersebut belum menikah dan belum mencapai usia 25 tahun serta belum mendapatkan penghasilan, maka anak tersebut berhak mendapat tunjangan dari BUMN tempat orangtuanya bekerja.
Baca juga: Daftar Gaji Pokok PNS 2018 Berdasarkan Golongan
Pada dasarnya, setiap tahun terdapat kenaikan gaji untuk PNS. Namun, di tahun 2018 meski tidak akan berkurang, belum ditentukan apakah gaji PNS 2018 golongan 2 akan naik atau tidak. Ini tergantung dari perhitungan APBN. Apakah gaji PNS yang dianggarkan akan memberatkan atau tidak? Jika iya, meski berat, PNS sebagai aparatur negara harus berlapang dada menerima kenyataan jika memang kenaikan gaji tidak terjadi di tahun 2018.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Gaji PNS 2018 Golongan 2"

Post a Comment