Cek Kartu Keluarga Online

Cek Kartu Keluarga Online

Bagi warga negara Indonesia tentu sudah tidak asing dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Kedua dokumen ini merupakan dokumen penting yang bisa menjadi bukti legalitas Anda sebagai Warga Negara Indonesia. Dua dokumen ini juga pasti akan ditanyakan saat Anda sedang mengurus segala hal yang bersifat administratif. Pentingnya fungsi kedua dokumen ini, terutama Kartu Keluarga, membuat Anda harus menyimpannya dengan hati-hati. Namun kini Anda bisa cek kartu keluarga online.

Cara Cek Kartu Keluarga Online di Beberapa Daerah

Kartu Keluarga sendiri adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Di dalam Kartu Keluarga (KK) ini dimuat identitas lengkap dari semua anggota keluarga pemilik Kartu Keluarga. Di dalam Kartu Keluarga akan tercantum dengan jelas, mulai dari nama lengkap, status dalam keluarga, susunan dan hubungan dalam keluarga dan juga identitas semua anggota keluarga secara lengkap. Karena itulah Kartu Keluarga akan selalu dibutuhkan saat Anda mengurus segala kebutuhan yang berhubungan secara administratif. Misalnya ketika Anda akan mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) online, maka dokumen yang pertama ditanyakan sudah pasti adalah Kartu keluarga. Begitu juga ketika Anda akan mendaftarkan anak Anda ke sekolah, sebagai syarat administrasi yang wajib dipenuhi adalah menyetorkan fotokopi Kartu Keluarga Anda. Di dalam Kartu Keluarga tercantum 16 digit angka yang merupakan Nomor Kartu Keluarga yang tetap valid selama tidak ada perubahan status dalam keluarga. Dengan 16 digit nomor inilah Anda bisa cek Kartu Keluarga online. Berikut caranya.

Cek Kartu Keluarga online sebenarnya tidak bisa dilakukan oleh seluruh penduduk Indonesia. Hal ini karena pemerintah dalam hal ini yang memiliki wewenang adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri belum secara resmi meluncurkan fasilitas yang bisa mengecek data Kartu Keluarga online. Namun, ada beberapa daerah yang sudah mulai membuat website resmi dari Dinas kependudukan dan Catatan Sipil daerah untuk memfasilitasinya. Layanan ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan data keluarga secara online. Bagi daerah yang sudah memiliki fasilitas cek Kartu Keluarga secara online ini, tidak perlu lagi datang ke Dispendukcapil untuk memeriksa data keluarga Anda.

Dari beberapa daerah yang sudah memiliki wesbite cek Kartu Keluarga online itu diantaranya adalah kota Surabaya dan Kabupaten Rembang. Kedua daerah ini sudah memiliki website resmi yang berfungsi untuk memfasilitasi penduduknya mengetahui data dalam KK secara online. Caranya pun cukup mudah Anda tinggal masuk saja ke website Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Setelah itu Anda bisa mencari menu cek Kartu keluarga. Langkah selanjutnya, masukkan NIK yang ada dalam Kartu Keluarga Anda. 16 digit NIK yang tertulis harus Anda masukkan secara benar. Lalu klik tombol cek. Dan semua data keluarga dalam Kartu Keluarga Anda akan ditampilkan.

Sementara itu, dari Kementrian Luar Negeri dalam hal ini adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil hanya menyediakan fasilitas untuk mengecek kevalidan NIK dalam Kartu Keluarga Anda. Pemerintah menyediakan website yang bisa mengecek apakah NIK dalam Kartu Keluarga Anda masih valid ataukah tidak. Jika setelah memasukkan 16 digit angka NIK dalam Kartu keluarga Anda hasilnya valid, maka secara otomatis semua data dalam Kartu Keluarga Anda juga masih valid. Namun, untuk fasilitas cek Kartu Kelurga online yang bisa menampilkan seluruh data dalam Kartu keluarga mungkin hanya beberapa daerah saja yang sudah memilikinya. Alasannya, karena keamanan data untuk membuat fasilitas tersebut harus terjamin.

Selain dua daerah tersebut, masih ada banyak pula Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang memberikan fasilitas cek Kartu Keluarga online. Meskipun demikian, bagi penduduk yang pemerintah daerahnya belum menyediakan fasilitas cek Kartu Keluarga secara online masih bisa melakukan pengecekan dengan datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Pemerintah pun masih berusaha mengembangkan layanan untuk semakin memudahkan pelayanan bagi masyarakat. Anda yang ingin bisa mendapatkan fasilitas pelayanan administrasi Kartu Keluarga secara online ini mungkin harus sedikit bersabar. Hal ini karena dalam pembuatannya, setiap data juga harus dijamin keamanannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cek Kartu Keluarga Online"

Post a Comment